Tinjau Penerimaan Penyuluh Agama Islam Non PNS, Kakanwil Kemenag Sumbar Monev ke Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews—Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri pilih Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi monitoring dan kawal pelaksanaan tes tulis dan wawancara seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS periode 2020 s/d 2024 sekaligus memberikan pembinaan terhadap pejabat di lingkungan Kankemenag Kota Bukittinggi.

Pembukaan kegiatanTes tulis dan wawancara yang berlangsung di Aula Kemenag setempat secara serentak Minggu, 08/12/2019 turut di hadiri Kakanwil Kemenag sumbar, Kakan kemenag kota Bukittinggi, Kasubbag Tata Usaha, Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah, Kepala KUA dan JFU Bimas Islam.

Dalam laporannya ketua panitia H. Gazali mengatakan bahwasanya pelaksanan kegiatan  tes Penyuluh Agama Islam non PNS di lingkungan Kankemenag Kota Bukittinggi ini berdasarkan juknis rekrutmen yang memerintahkan pelaksanaan seleksi tertulis dan wawancara.

“Penyuluh Agama Islam non PNS tahun 2017-2019 di Kota Bukittinggi ada 24 orang, setelah dilakukan evalusi sesuai juknis dari Dirjen Bimas Islam No. 927 tahun 2019 tentang juknis evaluasi, seleksi, dan penetapan jumlah penyuluh agama islam Non PNS periode 2020 s/d 2024 dan Surat kakanwil Kemenag Sumbar No B. 2084/Kw 03.6a/BA.00/X/ 2019 tgl 25 Oktober 2019 tentang juknis pelaksanaan evaluasi, seleksi dan penetapan jumlah penyuluh agama Islam Non PNS periode 2020 s/d 2024. Dari evaluasi tersebut ada 19 orang kembali diangkat sebagai Penyuluh agama Islam tahun 2020 s/d 2024,” tuturnya.

Selanjutnya Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Bukittinggi ini juga melaporkan, bahwasanya peserta yang ikut seleksi PAI Non PNS Periode 2020 s/d 2024 tahun ini berjumlah 21 orang yang lulus mengikuti seleksi Administrasi dan 19 orang yang mengikuti seleksi tulis dan wawancara. Tes seleksi tertulis yang di laksanakan pada hari ini di lakukan untuk memenuhi kekurangan Penyuluh Non PNS yang tidak lulus evaluasi kinerja sebanyak 5 orang Penyuluh Non PNS Se Kota Bukittinggi,” tuturnya .

Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda mengatakan kegiatan pada hari ini di laksanakan berdasarkan Edaran Dirjen Bimas Islam Kemenag RI. “Seleksi yang di lakukan melalui tes tertulis dan wawancara ini sudah sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis yan ada. Penyuluh Agama Islam Kankemenag kota Bukittinggi sudah keluar dari Zona Nyaman, terus Berinovasi dan Berkarya sehingga prestasi demi prestasi pun diraih dari tahun ke tahun. Dengan adanya pertemuan rutin setiap Senin bagi Penyuluh Agama Islam Fungsional dan setiap Rabu bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS, Study Banding dan berbagai Partisipatif di masyarakat di manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas kepenyuluhan,” tuturnya.

Selanjutnya Kakan Kemenag ini mengajak seluruh peserta tes tertulis dan wawancara PAI Non PNS untuk mengikuti ujian secara tertib dan baik sesuai dengan tata tertib yang ada dan berserah diri kepada Allah SWT. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri dalam arahannya bahwasanya ujian tertulis yang dilakukan pada hari ini serentak di seluruh Indonesia.

“Jumlah peserta yang ikut tes tertulis dan wawancara calon Penyuluh Agama Islam Non PNS periode 2020 s/d 2024 berjumlah 2.306 orang untuk memenuhi kuota penyuluh Non PNS Se Sumatera Barat sebanyak 1400 orang. Penyuluh Agama merupakan garda terdepan Kementerian Agama dalam menyampaikan program pemerintah dengan bahasa agama dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan serta pencerahan kepada umat,” tuturnya

Selanjutnya Kata Ka Kanwil ini Penyuluh Agama harus senantiasa meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing di era digital dengan cara selalu meningkatkan kompetensi pengetahuan, komunikasi, sosial dalam IT dan harus paham menjalankan fungsi penyuluh, sebagai informatif, edukatif, konsultatif dan Advokatif.

“Penyuluh Agama Islam Non PNS kedepan diharapkan benar-benar yang profesional serta memahami tugas dan fungsinya sebagai penyuluh, taat aturan, serta kaya akan wawasan akan ilmu pengetahuan,” tutupnya.

Facebook Comments

loading...