Usai Dilewakan, Inyiak Amrillah Dt. Alam Basa Silaturrahmi Dengan Wako Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews. Inyiak Amrillah Dt. Alam Basa yang baru dilewakan pada Minggu (16/02) lalu bersama pasukuan Jambak Bukit Apit Puhun melakukan silaturahmi dengan Walikota Bukittinggi pada Rabu (19/02). Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Utama Balaikota Bukittinggi.

Inyiak Amrillah  Dt. Alam Basa didampingi pasukuan Jambak, mengatakan, sesuai dengan kearifan lokal, maka setelah malewakan gala, pemangku adat akan bersilaturahmi dengan pimpinan daerah dan KAN serta LKAAM.

Karena itu ia berharap apapun kegiatan Pemko yang berada dalam kekuasaan adat Dt. Alam Basa dapat melibatkan perangkat adat di pasukuan jambak. Sehingga gerak pemerintahan dapat berjalan dengan harmoni yang begitu indah. Dengan kebersamaan kita bisa membangun kampung. Ia pun akan mendukung penuh kegiatan pemerintahan dari Pemko Bukittinggi.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengucapkan selamat atas telah dilewakannya gala Inyiak Dt. Alam Basa. Menurut Ramlan, pemko akan selalu melakukan komunikasi kepada perangkat adat, baik kegiatan pemerintahan maupun kegiatan lainnya. Pemko pun akan tetap mendorong kegiatan batagak gala dari gala yang sudah tabanam. Beban yang dipikul pemangku gelar memang berat, tapi jika dilaksanakan dengan kebersamaan maka dapat diselesaikan dan dijalankan dengan mudah.

Ramlan mengakui, perangkat adat merupakan bagian yang penting di suatu daerah. Ia berharap terjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis dengan Inyiak Dt Alam Basa dan Pasukuan jambak dalam menyelesaikan masalah dikampuang. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Antara Pemerintah, kaum adat dan alim ulama berdiri sejajar dalam menjalankan pemerintahan. Terakhir Ramlan berharap keharmonisan itu tetap kuat kedepan nya.

reporter : Yal editor : Moentjak

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...