Wali Kota Solok Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Solok, SuhaNews – Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar hadiri acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Senin (26/06/2023) di D’Relazion Kota Solok,

Acara yang diselenggarakan oleh BNNK Solok ini juga dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Staf Ahli Eva Nasri, Plt.Kepala BNN Kabupaten Solok Sabrinur, S.Sos, MM, Kepala OPD terkait, Walinagari, Guru-Guru SLTA, SMP dan SD serta Duta-Duta Anti Narkoba.

Baca juga: Wagub Sumbar Serahkan Piagam P4GN pada Hari Anti Narkoba Internasional 2021

Wako Zul Elfian Umar mengatakan bahwa Hari Anti Narkotika Internasional atau International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking diperingati oleh negara-negara di dunia pada 26 Juni setiap tahunnya,

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika,” ujar Zul Elfian Umar.

Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor: 42/112 pada 7 Desember 1987, sebagai hari internasional menentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.”ucap Wako

“Peringatan HANI juga dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia,” tambah Zul Elfian Umar.

Peringatan HANI menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh narkotika, yaitu loss generation.

Pada tahun 2023, jelas Zul Elfian Umar ,HANI mengusung tema internasional: “People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention”, sedangkan tema nasional HANI adalah : “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

BNN RI sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika, War On Drugs, guna mewujudkan cita-cita bersama, yaitu INDONESIA BERSINAR (Bersih Narkoba).

BACA JUGA  Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Solok Kembali Bertambah

“Mari Perangi Narkoba, Mari Hancurkan Narkoba” mari kita jaga keluarga kita, serta generasi penerus bangsa, jauhi dari barang haram tersebut,” tutup Wako Zul Elfian Umar.

Walikota Solok juga mendapatkan penghargaan dari BNNK Solok atas Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dan Dukungan Pendirian Balai Rehabilitasi Narkoba.

Kegiatan juga disi dengan pemberian penghargaan atas partisipasi dalam memecahkan Rekor MURI dalam menyanyikan Lagu MARS BNN terbanyak se-Indonesia untuk 20 sekolah, di Kota dan Kabupaten Solok. serta Pemberian Penghargaan kepada Walinagari Jawi-Jawi Guguak untuk katagori Nagari Bersinar Teraktif dalam P4GN. Wewe

Baca juga: Rotasi Jabatan di Polda Sumbar, 7 Kapolres dan Dirnarkoba Diganti

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -