15 Operator EMIS Kemenag Lima Puluh Kota Bertemu di Sungai Kamuyang

15 Operator EMIS Kemenag Lima Puluh Kota Bertemu di Sungai Kamuyang
Sarimalak, SuhaNews – 15 orang operator Education Management Information System (EMIS) dilingkup Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota bertemu di SDN 02 Sungai Kamuyang Kec. Luak, Jumat (3/12).

Pertemuan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharudin yang didampingi kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Ifkar.

Dalam laporanya, Ifkar menyebut bahwa EMIS merupakan wadah pengumpulan dan pencatatan data pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Agama secara digital.

“EMIS merupakan suatu sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama. Saat ini tengah melakukan revitalisasi dan pengembangan untuk menghadirkan sistem yang lebih baik dan lebih handal dengan didukung oleh teknologi yang lebih mutakhir serta beberapa terobosan baru,” jelas Ifkar.

“Baru-baru ini EMIS merilis fungsi terkait Data Lembaga Kementrian Agama dengan tujuan untuk melakukan tinjauan dan revisi data lembaga. EMIS telah menghadirkan branding yang baru, serta akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain, diantaranya e-RKAM, Simpatika, BOS, AKSI, dan Siaga,” jelas Ifkar.

Selanjutnya, Ifkar menyebut, Data EMIS PAIS Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, paling cepat update datanya di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, berdasarkan informasi dari Operator Emis PAIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat.

Sebelum menutup laporannya, Ifkar menjelaskan bahwa peserta kegiatan adalah Operator EMIS se Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 13 orang operator EMIS SD, 1 orang Operator EMIS SMP, dan 2 orang Operator EMIS SMA/SMK.

Dalam arahannya, Kepala Kantor menyatakan Emis adalah gerbang data Kementerian Agama. “EMIS adalah gerbang data Kementerian Agama. Emis merupakan data satu pintu, artinya, segala perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kementerian Agama akan bersumber dari data EMIS, Seperti, pemberian bantuan, penyaluran BOP dan lainnya,” papar Kepala Kantor.

BACA JUGA  Kapolres Solok Pimpin Tali Asih ke Sawah Aro Nagari Cupak

H. Naharudin menambahan, bahwa data EMIS harus di update secara berkala. Hal ini tentu sesuai dengan perubahan data yang terjadi, baik kepada lembaga ataupun kepada personal instansi atau satker. Tak lupa, sebelum menutup sambutannya, Naharudin kebali mengingatkan akan pentingnya penguatan Moderasi Beragama di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Bapak Ibu guru PAI juga adalah fasilitator dalam penguatan Moderasi Beragama di Kabupaten Lima Puluh Kota. Mari kita bahu membahu mewujudkan Moderasi Beragama, demi terwujudkan kehidupan beragama yang lebih baik di Lima Puluh Kota,” tutup Naharudin. Nina|Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDua Guru Madrasah Bukittinggi Masuk 5 Besar Guru Berprestasi Nasional
Artikel berikutnyaORARI Lokal Agam-Bukittingg Informasikan Pulau Terluar di Agam