200 Bus Mudik Gratis, Bus Siluman Belum Tampak Hingga H-10

SuhaNews – Lebaran 1445 H ini perantau Minang yang bermukim di Jabodetabek mendapat kesempatan mudik gratis menggunakan bus dari Prabowo dan Andre Rosiade, tak tanggung-tanggung, 200 armada bus disediakan dengan titik keberangkatan Jakarta menuju berbagaio kota di Sumatera Barat.

Untuk kelompok pertama, telah diberangkatkan sebanyak 50 bus pekan lalu dan kelompok kedua sebanyak 150 bus akan berangkat pada tanggal 4 April 2024 mendatang.

Menariknya dengan banyaknya bus mudik gratis yang disediakan membuat bus siluman (bus pariwisata atau bus bantuan) yang mengisi trayek ke Sumatera Barat belum tampak hingga hingga H-10 ini. mudik mudik mudik

Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, sepeuluh hari menjelang lebaran sudah banyak armada bus pariwisata dari Jakarta dan Bandung yang membawa perantau Minang pulang ke Sumatera Barat.

Bus-bus ini berangkat ada yang dicarter rombongan, namun tak sedikit pula yang berangkat dengan penumpang yang dikumpulkan oleh calo dan agen dadakan. Untuk merayu konsumen biasanya tarif sedikit lebih murah dari bus resmi.

Disebut bus siluman karena karena tak ada PO yang mewadahi atau armada bantuan resmid ari perusahaan bus yang memiliki trayek Sumbar – Jakarta / Bandung.

Seperti namanya, tak jarang juga penumpang kecewa karena pelayanan, mulai dari jam keberangkatan, rumah makan tempat persinggahan sampai tempat tujuan yang sering tidak sama dengan tujuan yang disampaikan saat berangkat, bahkan ada rute yang tidak tahu jalan.

Baca Juga :

Ulfa (19) mahasiswa asal Solok yang tahun lalu naik bus pariwisata dari Bandung, harus ke sasar dulu ke Pekanbaru, karena bus yang ditumpanginya mengikuti jalur yng dipakai bus lintas timur tujuan Pekanbaru. Akibatnya perjalanan yang seharusnya ditempuh 30 jam menjadi 48 jam.

BACA JUGA  H. Helmi Lantik 3 Pejabat Promosi Jadi Kakan Kemenag di Sumbar

Namun dengan adanya pulang basamo ini, kejadian-kejadin seperti itu tak ada lagi, karena bus pulang basama berjlan berombongan dan terkoordinir.

Untuk bus reguler, tiket dari Bandung, Jabodetabek menuju Sumbar mulai diberlaukan tuslagh oleh perusahaan per tanggal 1 dan 2 April 2024 ini, namun demikian seta yang tersedia sebagian besar sudah penuh, kalaupun ada harga sudah tuslagh dan penumpang tidak bisa memilih seat yang ada karena sudah dibooking. Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -