4 Sekolah Lolos Adiwiyata Kabupaten Solok Tahun 2023

Arsouka, SuhaNews – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok, Asnur SH, MM mengatakan bahwa sebanyak 4 sekolah lolos Adiwiyta tingkat Kabupaten, yakni SDN 8 Alahan Panjang, SMAN 2 Sumatera Barat, SMKN 1 Gunung Talang dan SMAN 1 Lembah Gumanti.

“MIS Mualimin Tabek lolos Adiwiyata tingkat provinsi, sementara untuk Tingkat  Mandiri diraih oleh SMPN 2 Gunung Talang,” ujar Asnur.

Baca juga: SDN 06 Tanah Garam Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Solok

Pada tahun 2024, jelasnya, sekolah yg diusulkan untuk Tingkat Mandiri yaitu SMAN 1 Gunung Talang, ke tingkat Nasional MIS Mualimin Tabek, dan Tingkat Provinsi adalah SMAN 1 Lembah Gumanti.

“Program Adiwiyata adalah merupakan program Gerakan Peduli Lingkungan di sekitar sekolah,” tambah Asnur.

Pada tahun 2019, jelas Asnur, Program Adiwiyata ini  direvitalisasi menjadi program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (Gerakan PBLHS).

Sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah berhak diberikan penghargaan sekolah Adiwiyata sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan.

4 Sekolah Lolos Adiwiyata Kabupaten Solok Tahun 2023 1
Asnur

Di Kabupaten Solok, tambah Asnur, program ini sudah ada sejak tahun 2015. Sampai Desember 2023 ini, sudah tercatat jumlah sekolah Adiwiyata sebanyak 69 sekolah, yang terdiri dari 54 sekolah tingkat Kabupaten, 10 Sekolah di tingkat Provinsi, 4 Sekolah di tingkat Nasional, dan 1 Sekolah tingkat Mandiri.

“Program ini sempat terhenti pada tahun 2020-2021 karena kondisi pandemi covid-19. Tahun 2020, terdapat 1 sekolah yaitu SMAN 1 Gunung Talang yg berhasil lolos di tingkat Nasional,” kata Asnur.

Program ini kembali dimulai tahun 2022, dengan target pembinaan pada 10 sekolah. Pada tahun 2023 ini juga dilakukan pembinaan dengan target 5 sekolah.

“Penghargaan sekolah Adiwiyata ini berlaku selama 4 tahun. Bagi sekolah yang tidak melakukan perpanjangan (mengusulkan) tidak berhak lagi menyandang predikat Sekolah Adiwiyata,” jelas Asnur. Wewe

BACA JUGA  Ketua Pokjaluh Bukittinggi Beri Tausiah Tarhib Ramadhan 1444 H di DWP Unit Setda
Baca juga: Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan Sosialisasikan Sekolah Adiwiyata

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -