5 Rumah dan 1 Musala Rusak, Wabup Tanah Datar Tinjau Longsor Sumpur

294
rusak
Wabup Tanah Datar serahkan bantuan untuk korban longsor
Sumpur, SuhaNews – Lima rumah dan 1 musala rusak akibat longsor melanda kawasan Kandang Itiak Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar, Rabu (3/6/2020) malam. 

Kelima rumah yang rusak atau terdampak longsor itu adalah rumah milik Nofriadi, (laki-laki 50 th),  rusak perkarangan rumah. Rumah M. Nur (Mak Inua), (laki-laki, 65 th) rusak berat, Rumah Syafril, (laki-laki, 65 th) Rusak Ringan).

Selanjutnya Rumah Ermawati (perempuan, 54 th) Rusak Bagian Dapur Rumah), Rumah Zurni, (laki-laki 50 th) Rusak Ringan) dan Mushalla Al Kausar Rusak Ringan.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu yang didampingi 3 anggota DPRD, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap, Polres Padang Panjang diwakil Kapolsek Batipuh Selatan, Kadis Sosial Yuhardi, Kalaksa BPBD Thamrin dan instansi terkait lainnya mengantarkan bantuan berupa beras, telur, mie, food ware, terpal, paket lauk pauk dan biskuit, Kamis (4/6/2020) kepada korban longsor.

“Atas nama Pemerintah Tanah Datar dan rombongan, kami sampaikan ungkapan turut berduka cita atas musibah longsor ini,” ujar Wabup Zuldafri Darma.

Percayalah Allah SWT memberikan ujian kepada hamba yang sanggup untuk memikulnya. Sabar, ikhlas, tetap berusaha serta berdoa diharapkan kepada warga yang tertimpa longsor ini.

“Bantuan ini merupakan bantuan awal untuk bapak ibu yang rumahnya terdampak,” jelas Zuldafri Darma.

Bantuan awal ini, jelas Wabup Tanah Datar, sebagai bukti pemerintah ada untuk masyarakat. Bantuan untuk para korban terdampak selanjutnya tentu ada, namun tentu persyaratan administrasi harus dilengkapi.

“Dinas terkait bersama camat, wali nagari, wali jorong bersama masyarakat terdampak serta instansi terkait lainnya untuk duduk bersama bermusyawarah terhadap kemungkinan dan langkah antisipasi bencana lanjutan,” harap Wabup Zuldafri Darma.

Ini merupakan musibah longsor kedua kalinya. Karena itu diharapkan Instansi terkait bersama masyarakat bersepakat, apakah memungkinkan untuk berpindah ke lokasi baru. Pemerintah akan membantu melalui dinas terkait.

“Memang di lokasi ini sudah kali kedua bencana longsor terjai,” aku Wali Nagari Sumpur Ade Enriko.

rusakSemoga kunjungan Wabup bersama Pak Dandim dan anggota DPRD, jelas Ade Enriko, bisa menjadi sitawa sidingin bagi kami, terutama  bagi para korban.

“Permintaan Wabup untuk pindah ke lokasi baru, akan kita bicarakan lebih lanjut, bersama masyarakat terdampak dan instansi terkait lainnya,” katanya.

“Semoga cobaan ini bisa menjadi kita lebih tabah dan sabar. Untuk penanganan bencana Insya Allah kami dan pemerintah siap membantu masyarakat,” ujar Kamitra, anggota DPRD.

Kamrita mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait penanganan bencana ini. Karena merupakan jalan provinsi, diharapkan  gorong-gorong air di lokasi ini akan dijadikan lebih besar lagi, sehingga  lebih aman ke depannya,

Reporter:  Dajim      Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...