7 Gugatan Pilkada Sumbar Diterima MK, KPU Tunda Pelantikan

Gugatan Pilkada Kabupaten Solok dan Lima Lainnya Terdaftar di MK
SuhaNews. Tujuh gugatan Pemilihan Umum Kepala Saerah (Pilkada) di Sumbar diterima dan diregistrasi oleh Mahkamah Konstitusi (MK), dengan demikian KPU Sumbar dan KPU Kabupaten yang menjalani proses ini menunda pelantikan.

Dilansir oleh Langgam.id, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Amnasmen mengatakan dengan diterimanya 7 permohonan yang disampaikan pasangan calon, maka nama mereka sudah tercatat di Buku Register Perkara Konstitusi (BRP) MK RI.

“Kemudian tentu KPU Provinsi dan 5 KPU kabupaten sebagai termohon menunggu jadwal persidangan dari MK,” katanya Senin (18/1).

Adapun ketujuh gugatan tersebut adalah, 2 gugatan calon gubernur yakni Nasrul Abit dan Indra Catri, kemudian Mulyadi dan Ali Mukhni.

Sedangkan gugatan Bupati adalah Nofi Candra-Yulfadri Nurdin di Kabupaten Solok, Hendrajoni-Hamdanus di kabupaten Pesisir Selatan, Hendri Susanto-Indra Gunalan di kabupaten Sijunjung, Tri Suryadi-Taslim di Padang Pariaman, dan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo di kabupaten Limapuluh Kota

Amnasmen menjelaskan, sidang dijadwalkan pada tanggal 26 sampai 29 Januari 2021. Dalam sidang perdana itu menjelis akan memeriksa kelengkapan materi pemohon, alat alat bukti, dan ketetapan pihak terkait.

Kemudian KPU Sumbar dan 5 KPU kabupaten akan menyiapakan jawaban-jawaban di persidangan sebagai termohon. Jadwal itu nantinya akan dimulai pada awal Februari.

“Intinya KPU tinggal menunggu jadwal persidangan dan kami sudah siap untuk melaksanakan proses persidangan di MK, kita tunggu jadwal,” katanya.

KPU Sumbar juga segera melakukan koordinasi dengan menunjuk kuasa hukum. KPU Sumbar juga mengkoordinir KPU 5 kabupaten untuk segera meyiapkan jawaban dalam persidangan.

Akibat diterimanya putusan ini, KPU Sumbar juga menunda untuk menetapkan gubernur dan wakil gubernur Sumbar terpilih.

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Mendagri; Kumpulkan Massa Saat Pilkada, "Bully" Saja Kandidatnya
loading...