Pengelola Destinasi di Kabupaten Agam Ikuti Pelatihan

Lubuk Basung,SuhaNews– Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar pelatihan kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata, Selasa (10/10) di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung. 

“Penerapan Sapta Pesona merupakan salah satu upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan khususnya untuk desa wisata dan pengelola destinasi wisata,” ujar Bupati Agam, diwakili Asisten II Setda Agam, Jetson.

Baca juga: Desa Pauh Timur, Kota Pariaman Kembangkan Destinasi Wisata Sawah

Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan, jelas Jetson adalah 7 unsur yang terdapat di dalam Sapta Pesona.

“Salah satu unsur Sapta Pesona tersebut yaitu bersih, dalam pengertian lingkungan, kualitas produk dan pelayanan di destinasi wisata yang mencerminkan keadaan yang sehat, memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melaksanakan perjalanan atau kunjungan,” tambah Jetson.

Setelah terciptanya kebersihan dan sanitasi di destinasi wisata, tambah Bupati, secara tidak langsung akan menciptakan suasana yang indah dan menarik serta memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan, sehingga mereka ingin berkunjung kembali dan mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas.

Ia berharap, setelah mengikuti penelitian ini para peserta mampu mempelajari manajemen pengelolaan sampah di destinasi wisata, sehingga sampah tidak lagi menjadi permasalahan berkelanjutan yang tidak ada solusinya.
Penulis:

Sekretaris Disparpora Agam, Ade Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang berasal dari pengelola daya tarik wisata, pengelola desa wisata, Pokdarwis dan penggerak wisata di Kabupaten Agam.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata dan desa wisata dalam melaksanakan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di daya tarik wisata dan desa wisata,” ujar Ade Setiawan. Harry/Wewe

BACA JUGA  BKSP DPD RI Bahas Peluang Kerja Sama Bilateral Dengan Laos

Baca juga: Posbakumadin Sumbar Gelar Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Angkatan II

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -