Sawahlunto Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA RI

SuhaNews – Kota Sawahlunto kembali meraih prestasi tingkat nasional, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga kepada Pj. Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si, di Jakarta, Pada Selasa (19/23).

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Penghargaan APE kategori Utama diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Baca juga: Pasaman Barat Raih Piagam Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2022 dari Kemenkumham RI

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarus Utamakan Gender (PUG) Tahun 2023.

Diketahui setidaknya ada tujuh komponen kunci yang menjadi penilaian, diantaranya komitmen (Perda PUG, Perwako PUG), kebijakan (RPJMD, Renstra OPD), kelembagaan (Pokja PUG, Focal Point), dan Sumber Daya Manusia dan anggaran (SDM terlatih PPRG dan jumlah anggaran Pemko responsif gender). (*)

Baca juga: Wakil Walikota Sawahlunto Buka Pelatihan Mitigasi Peningkatan PPKM

Facebook Comments

BACA JUGA  Sidang AIPA Ke-44, BKSP DPD RI Dorong Kawasan ASEAN Tingkatkan Perekonomian
- Advertisement -
- Advertisement -