Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 1-0

SuhaNews – Timnas Indonesia bekuk Vietnam pada pertandingan ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (21/3/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Skuat Garuda berhasil memecah kebuntuan melalui gol Egy Maulana Vikri pada babak kedua. Alhasil Skuat Garuda bisa meraih tiga poin di laga ini.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia Malam Ini, Mampukah Timnas Indonesia Menekuk Vietnam

Meski menang, ada beberapa catatan terkait performa Skuat Garuda di laga ini sebagai modal untuk melakoni laga tandang ke markas Vietnam di pekan depan. Apa saja itu?

Sulit Kembangkan Permainan

Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 1-0 1Problem pertama Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam ini adalah lini tengah Indonesia sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan, terutama di babak pertama.

Para gelandang Indonesia sempat keteteran saat mendapatkan tekanan dari timnas Vietnam. Alhasil aliran bola ke lini serang Indonesia kurang oke di laga ini.

Sehingga di babak pertama Indonesia jarang menebar ancaman ke gawang Vietnam di babak pertama. Beruntung di babak kedua permainan Indonesia jauh lebih baik.

Aspek ini perlu diperbaiki Shin Tae-yong agar skuat Indonesia bisa tampil maksimal di laga berikutnya.

Kendalikan Emosi dan Lebih Disiplin

Catatan kedua untuk Timnas Indonesia adalah timnas Indonesia perlu mengendalikan emosi dan lebih disiplin.

Semenjak mendekati akhir babak pertama, tensi pertandingan mulai naik. Tekel-tekel bertebaran dari kedua tim, di mana Indonesia tercatat membuat 15 pelanggaran di laga ini, sementara Vietnam tercatat membuat 12 pelanggaran.

Dari 15 pelanggaran itu, Indonesia mendapatkan empat kartu kuning, sementara Vietnam hanya mendapatkan satu kartu kuning saja. Indonesia memang layak mendapatkan kartu kuning yang cukup banyak, karena pelanggaran-pelanggaran yang dibuat Indonesia kebanyakan tidak cermat dan berbahaya.

BACA JUGA  Jelang HUT Pasbar ke-19, Pemerintah Daerah Ziarah ke Makam Kepala Daerah dan Ulama Pasbar

Baca juga: Kualifikasi Euro 2024: Prancis Cukur Habis Gibraltar 14-0

Inilah pentingnya Timnas Indonesia untuk bisa mengendalikan emosi dan tidak terpancing permainan keras lawan. Karena salah-salah, ini bisa merugikan Indonesia.

Lini Pertahanan Super Solid

Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 1-0 2Tidak semua catatan untuk Timnas Indonesia ini bernada negatif. Ada beberapa hal yang perlu kita apresiasi, salah satunya adalah solidnya performa lini pertahanan Skuat Garuda.

Di laga ini, Shin Tae-yong tidak bisa memainkan Jordi Amat dan Elkan Baggott yang mengalami cedera. Alhasil Ia memasang Jay Idzes dan Justin Hubner untuk menemani Rizky Ridho di jantung pertahanan Indonesia.

Meski baru pertama kali turun bersama di laga ini, trio bek tengah Indonesia ini tampil apik. Ada koordinasi dan komunikasi yang bagus, sehingga serangan-serangan Vietnam minim yang jadi ancaman untuk gawang Indonesia di laga ini.

Egy, The Right Man on The Right Place

Pujian berikutnya perlu kita berikan kepada sosok Egy Maulana Vikri. Sang winger sukses jadi pembeda di laga ini.

Masuk sebagai pemain pengganti di jeda pertandingan, Egy sukses membuat lini serang Indonesia lebih hidup. Ia kerap melakukan penetrasi yang membuat bek-bek Vietnam keteteran.

Puncak performanya adalah ia mampu mencetak gol kemenangan Indonesia di laga ini. Selain itu ia juga nyaris menggandakan keunggulan Indonesia di akhir babak kedua.

Duel Lemparan ke Dalam

Satu hal yang menarik dari laga ini adalah Vietnam melakukan ‘copas’ strategi lemparan ke dalam Indonesia.

Ya, Indonesia di era Shin Tae-yong dikenal dengan strategi lemparan ke dalam panjang yang biasaya dieksekusi oleh Pratama Arhan. Namun di laga ini terutama di babak pertama, Vietnam mencoba meniru strategi itu dengan melakukan banyak melakukan lemparan ke dalam yang panjang.

BACA JUGA  Kukuhkan Pengurus Perwata Jabodetabek, Bupati Eka Putra Sebut Perantau Pilar Pembangunan

Memang di laga ini, Vietnam belum sempurna dalam meniru strategi Indonesia ini. Di sisi lain, gol kemenangan Indonesia di laga ini lahir dari skema lemparan ke dalam itu.

Meski begitu, Shin Tae-yong wajib waspada dan perlu mempersiapkan timnya agar tidak kebobolan dari skema lemparan ke dalam yang selama ini jadi andalan Indonesia.

Baca juga: Kualifikasi Euro 2024: Italia Hantam Makedonia Utara 5-2

Sumber: bola.net

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -