MATSAMA Berakhir, Siswa Baru MAN 2 Solok Resmi Bergabung

Singkarak, SuhaNews – Masa Ta’aruf Siswa ( MATSAMA) MAN 2 Solok Tahun Pelajaran 2024/2025 di MAN 2 Solok berakhir dan ditutup secara resmi, Kamis (18/7) oleh Kepala Madrasah yang diwakili Kaur Tata USaha Marliyus, S.Sos.

Sebelumnya kegiatan penyambutan dan perkenalan siswa baru ini dibuka oleh Kepala Madrasah H. Maidison, S.Pd pada Selasa/ 16/07 berjalan dengan penuh Khitmat. Di dampingi oleh seluruh tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Solok ditandai dengan pemasangan kokarde tanda pesera oleh kepala Madrasah dan didampingi oleh Wakil Kepala bidang kesiswaan dan Pembina OSIM MAN 2 Solok.

MATSAMA Berakhir, Siswa Baru MAN 2 Solok Resmi Bergabung 1

Ketua Panitia Matsama 2024, Yuhendri Candra, S.Pd.I M.A melaporkan sebanyak 78 siswa yang dinyatakan lulus sebagai peserta didik baru MAN 2 Solok Tahun Pelajaran 2024-2025 akan di berikan pembinaan awal terkait dengan perkenalan lingkungan madrasah guna memperlancar proses pendidikan di madrasah.

Dengan tema “ Menuju Generasi yang Cerdas kreatif dan inovatif serta berakhlakul kharimah demi madrasah Maju Mandiri Mendunia” Matsama dilaksanakan selama 3 hari yang berlangsung mulai pada Selasa, 16/07 hingga Kamis 18 Juli 2024 ini.

Matsama MAN 2 solok tahun ini di pandu langsung oleh Pembina OSIM Tessy Oktiamida, M.Pd yang melaksanakan kegiatan MATSAMA dengan penuh tanggung jawab. Dengan penuh seksama dan pertimbangan mengatur semua rencana pelaksanaan kegiatan secara detail. Dan juga mempertimbangkan efek positif dan kemanfaatan materi berdasarkan kebutuhan peserta didik baru, sehingga panitia bekerjasama dengan narasumber yang berkompeten. Tidak hanya dari unsur pimpinan, tenaga pendidik, namun juga dari pihak luar seperti kepolisian dan Badan Narkotika Nasional.

Pada acara pembukaan , Maidison menyampaikan akan pentingnya kegiatan Matsama ini bagi peserta didik baru. Di samping mengenalkan lingkungan di sekolah barunya, juga menjadi ajang untuk meningkatkan motivasi dan menguatkan semangat peserta didik untuk mengikuti proses belajar di madrasah yang telah menjadi pilihan untuk pendidikan mereka. Pembahasan ini dikuatkan kembali saat Kepala MAN 2 Solok ini di minta menyampaikan materi Profil Madrasah. Segala hal yang sekaitan dengan madrasah disampaikan secara jelas dan apik. Sehingga peserta menunjukan antusiasme yang tinggi terhadap sistem pendidikan yang ada di MAN 2 Solok.

BACA JUGA  Kado Indah Diakhir Jabatan Gusmal, Juara 1 Peduli Wisata Award

Di hari pertama pelaksanaan Matsama ini, setelah Kepala MAN 2 Solok menyampaikan materi tentang Profil Madrasah, dilanjutkan dengan materi “ Pencegahan terhadap pelecehan seksual, kekerasan fisik, psikis ( Bullying) yang di sampaikan langsung oleh Kapolsek X Koto Dibawah Iptu Ronald Hidayat, SH.MH. Materi ini menjadi bagian yang sangat penting untuk di sampaikan di tengah maraknya kejadian dan kasus bullying di sekolah saat ini.

Kegiatan matsama ini tidak hanya terfokus kepada materi umum saja. Peningkatan tata cara ibadah juga menjadi perhatian panitia. Pelaksanaan sholat dhuha bersama menjadi point penting untuk mengawali rangkaian ibadah selama matsama ini. Hai ini tentu saja bertujuan untuk menjadi pembiasaan bagi peserta didik baru khususnya dan seluruh warga MAN 2 Solok umumnya. Untuk menguatkan hal ini, Ratna Dewi, S.Ag di daulat menyampaikan materi tentang Orientasi Beribadah dalam proses belajar mengajar.

Juga turut memberikan materi tentang Tata Tertib MAN 2 Solok dan Ekstrakurikuler oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Yuhendri Candra, S.Pd.I.MA dan dilanjutkan dengan materi Pengenalan Fasilitas dan pendukung pembelajaran oleh Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana.

Hari kedua pelaksanaan Matsama, dilanjutkan dengan materi terkait Kurikulum yag disampaikan oleh Novi Eza, S.E, M.Pd selaku tim pengembang kurikulum MAN 2 Solok. Peserta Matsama juga di bekali dengan skill “ Public Speaking” yang di sampaikan oleh Risfanelti, S.Pd dengan penuh semangat.

Materi pada hari ketiga di lengkapi dengan materi “ Pencegahan terhadap narkoba dan merokok” yang di sampaikan oleh Bona Warokah, S.Kep yang di datangkan langsung dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Solok.

MATSAMA Berakhir, Siswa Baru MAN 2 Solok Resmi Bergabung 2

Tepat pukul 15.15 WIB Matsama MAN 2 Solok di tutup secara resmi oleh Kepala MAN 2 Solok yang di wakili oleh Kepala Tata Usaha , Marliyus, S.Sos dan di dampingi oleh seluruh tenaga pendidik ( Guru) dan Tenaga kependidikan MAN 2 Solok. Acara penutupan ini di awali dengan pelaksanaan Outbond dan Pengukuhan King dan Queen Matsama 2024. Nel | Fendi

BACA JUGA  Tutup MATSAMA MAN 1 Solok PK, Peserta Terbaik Terima Penghargaan

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -