Sumani Juara Kompetisi Tani, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Beri Apresiasi

Aripan, SuhaNews – Nagari Sumani keluar sebagai Juara Umum Kompetisi Tani se-Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, yang digelar Kamis, 15 Agustus 2024 di Nagari Aripan.

Keberhasilan Sumani sebagai juara umum, tidak terlepas dari dua gelar juara I yang diraihnya yakni lomba Yel-yel dan lomba stand, serta masuk tiga besar dalam tiga cabang lomba lainnya.

“Para pemenang, selain menerima trofi dan hadiah, saya tambah dengan uang tunai,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, yang disambut tepuk tangan meriah peserta.

Baca juga: Bupati Solok Safari Ramadan ke Masjid Raya Sumani

Adapun pemenang dalam Kompetisi Tani ini adalah Lomba Yel- Yel peringkat 1, 2 dan 3 diraih oleh Nagari Sumani, Saniang Baka, dan Nagari Aripan. Lomba Administrasi dimenangkan oleh Nagari Aripan, Saniang Baka, dan Nagari Sumani.

Sementara juara 1, 2 dan 3 Lomba Video Pendek  diraih oleh Nagari Koto Sani, Nagari Aripan, dan Nagari Sumani. Sedangkan Lomba cerdas cermat, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Nagari Kacang, Saniang Baka, dan Nagari Tanjuang Alai.

Sumani Juara Kompetisi Tani, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Beri Apresiasi 1Selanjutnya, juara Lomba Stand, Peringkat 1, 2 dan 3 diraih oleh Nagari Sumani, Nagari Aripan, dan Nagari Saniang Baka. Sedangkan Lomba Dinamika pemenangnya adalah Nagari Saniang Baka, Tanjuang Alai, dan Nagari Sumani.

Sebagai juara umum,  Nagari Sumani bukan saja mendapatkan dua gelar juara pertama, tetapi dari enam lomba yang digelar pada kompetisi tani ini, Sumani meraih juara (tiga besar) pada lima cabang lomba yakni cabang Yel-yel, Administrasi, Video Pendek, stand, dan dinamika. Sumani hanya kalah di cabang lomba cerdas cermat.

Acara ini, juga dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Syafruddin, S. Sos, M. Si., Kepala BSIP Provinsi Sumatera Barat, Kepala OPD, Camat Singkarak  Forkopimcam, Pj.Walinagari Aripan Chandra Putra Gusriadi, dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA  Liga Inggris: Manchester City atau Liverpool Juara Musim Ini?

Ketua TP PKK, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa Kompetisi Tani se-Kecamatan X Koto Singkarak adalah sebuah inisiatif yang sangat bernilai untuk meningkatkan semangat bertani dan kualitas hasil pertanian.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan hasil tani terbaik dari para petani, serta memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menunjukkan dedikasi dan keahlian luar biasa dalam bidang pertanian,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Melalui kompetisi ini, tambah Ny. Emiko, diharapkan hasil dan kualitas pertanian semakin meningkat, sehingga bisa mendorong petani untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi.

“Selain itu, kompetisi tani ini diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kreativitas dan inovasi petani dalam teknik bercocok tanam,” harap Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Yang tak kalah pentingnya, tambah Ketua TP-PKK ini, bisa mempererat kebersamaan, memperkuat ikatan antara petani dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama di bidang pertanian.

Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda berharap, kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta membangun semangat kerja sama antarpeserta.

Sementara Bupati Solok  melalui Syafruddin mengatakan bahwa kompetisi tani ini merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap kerja keras serta dedikasi para petani di Kecamatan X Koto Singkarak.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin mendorong para petani untuk terus meningkatkan kualitas hasil pertanian, memperkenalkan inovasi dalam bercocok tanam, dan berbagi pengetahuan yang bermanfaat,” ujar Syafrudin.

Sumani Juara Kompetisi Tani, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Beri Apresiasi 2Selain itu, jelas Syafrudin, kegiatan itu bertujuan untuk eningkatkan kualitas pertanian, memberikan insentif kepada petani untuk menghasilkan produk pertanian yang unggul dan berkualitas.

“Kegiatan ini juga diharapkan memperkuat komunitas pertanian, membangun hubungan yang lebih erat antara petani dan masyarakat, serta menciptakan suasana saling mendukung dan berbagi,” tambah Syafrudin.

BACA JUGA  Riki Salayo, Jurnalis Suara.com Sabet Juara JNE Content Competition 2021

Pada kesempatan ini, juga diserahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani di Nagari Aripan dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Wewe

Baca juga: Selisih Nilai Tipis, Bungo Lembah Gumanti Juara 2 Matematika KSM Sumbar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -