Pendaftaran Cagub dan Cawagub di Tutup, Dua Pasang Calon mendaftar

SuhaNews— Komisi Pemilihan Umum Provinsi sumatera barat secara resmi menutup pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sumatera barat pada pemilihan serentak nasional tahun 2024.

Penerimaan telah dilaksanakan selama 3 hari dimulai sejak hari selasa tanggal 27 sampai dengan tanggal hari kamis 29 agustus 2024 di kantor KPU Sumatera barat.

Pendafaran dibuka jam 08.00 sampai dengan jam 16.00 wib. Khusus pada hari ketiga pendaftaran pasangan calon ditutup pada jam 23.59 WIB.

Berdasarkan realese yang dibacakan ketua KPU Sumatera Barat, pada hari jumat 30 agustus 2024 jam 00.00 WIB, secara umum penerimaan pendaftaran pasangan calon berjalan tertib. KPU Provinsi sumatera barat berpedoman kepada Peraturan KPU nomor 10 tahun 2024 sebagai tindak Putusan Mahkamah Konstitusi.

Meski dalam waktu sempit, KPU sumatera barat telah mampu mensosialisasikan perubahan regulasi ini sehingga tidak ada kendala bagi partai politik dalam mengusulkan calon kepala daerahnya.

Hingga ditutup pada pukul 23.59, terdapat 2 pasang calon yang didaftarkan oleh gabungan partai politik. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar adalah Mahyeldi ansharullah/ vasco ruseimy dengan dukungan dari 5 parpol dan Epyardi Asda/ ekos albar dengan dukungan dari 6 Parpol yang menyerahkan formulir B.Persetujuan.

Ketua Bawaslu Alni, SH. Mkn Sumatera Barat yang turut hadir dalam penutupan pendaftaran calon gubernur/wakil gubernur sumatera barat mengatakan bahwa

“bawaslu telah melakukan proses pengawasan tahapan tahapan secara maksimal, khususnya tahapan pendaftaran pasangan calon yang baru saja ditutup dan pengawasan ini tetap akan dilakukan hingga proses penetapan calon dan pengundian nomor urut. Kita berharap tahapan tahan yang dikerjakan oleh penyelenggara pemilu menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan peraturan perundang undangan”  Tutup Alni

BACA JUGA  Cegah Klaster Perkantoran, Pemko Padang Panjang Lakukan Pengawasan Intensif

Baca Juga:

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -