Erdinal : Melalui ANBK MTsN 2 Solok Dapat Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan Serta Kualitas Pembelajaran

Koto Baru, SuhaNews – MTsN 2 Solok Laksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024 bertempat di Laboratorium Komputer, Senin (02/9).

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Dasmawati. M, S.Ag Menyampaikan bahwa peserta ANBK diikuti oleh 45 peserta dari Kelas VIII dan lima orang Cadangan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga intrumen yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi, Numerasi, Survey Karakter dan survey Lingkungan Belajar.

AKM yang merupakan literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Sedangkan survey lingkungan belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek, input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

ANBK sebagai program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan, ulasnya.

Erdinal : Melalui ANBK MTsN 2 Solok Dapat Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan Serta Kualitas Pembelajaran

Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK MTsN 2 Solok dibagi dua shiff selama dua hari, Senin dan Selasa 2 – 3 September 2024. Dengan soal-soal yang tersedia dalam bentuk pilihan ganda, pilihan kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

“Alhamdulillah gladi bersih ANBK 2023 di MTsN 2 Solok berjalan dengan lancar dan aman, tanpa ada rintangan, “ujarnya.

ANBK tidak hanya mengukur kemampuan kognitif siswa, tetapi juga non-kognitif. Kepala MTsN 2 Solok, Erdinal, menjelaskan bahwa melalui ANBK, Madrasah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, serta kualitas proses pembelajaran yang berlangsung.

“Dengan hasil ANBK, kami dapat menyusun program perbaikan yang lebih tertarget untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 2 Solok,” tambah Erdinal. Rahmat

Baca Juga :

Facebook Comments

BACA JUGA  Ajang NOOS 2024, Rawalumaili Guru MTsN 2 Solok Peraih Medali Perak Bidang Studi IPS Tingkat Nasional
- Advertisement -
- Advertisement -