Pembina Bundo Kanduang Kab.Solok Temu Ramah dengan Masyarakat

Batu Banyak, SuhaNews –  Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin, S.Sos, M.Si., didampingi Ketua TP-PKK Kab.Solok Sekaligus Pembina Bundo Kanduang Kab.Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda melakukan Temu Ramah dengan Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya, Jumat, 13 September 2024.

Kegitan ini dihadiri oleh Pimpinan DPRD Ivoni Munir, S.Farm, anggota DPRD Provinsi , Lastuti Darni, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari Batu Banyak, Viva Martha, Niniak Mamak, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang Nagari Batu Banyak.

Baca juga: Pembina Bundo Kanduang Kabupaten Solok Buka Lomba di Singkarak

Wali Nagari Batu Banyak Viva Martha mengatakan bahwa acara ini diharapkan mampu membawa dampak positif  bagi Nagari Batu Banyak.

Pembina Bundo Kanduang, Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa Bundo Kanduang sebagai seorang ibu sejati berperan penting dalam pengembangan dan pelestarian budaya Minangkabau.

“Bundo Kanduang dituntut untuk dapat memperkuat peran dalam membentengi anak kemenakan dari pesatnya perkembangan zaman,” ujar Hj. Emiko Epyardi Asda.

Bundo Kanduang, jelas Hj. Emiko Epyardi Asda,  harus memiliki sifat kepemimpinan yang sejati. Karena itu, Emiko mengajak Niniak Mamak dan Bundo Kanduang untuk memperkuat Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik Safrudin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan adat dan budaya kita.

Pembina Bundo Kanduang Kab.Solok Temu Ramah dengan Masyarakat 1“Acara ini adalah turunan dari visi misi Kab.Solok di bawah Nahkoda Bapak Bupati Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar,” ujar Safrudin.

Di Minangkabau,  jelas Safrudin, peran niniak mamak dan bundo kanduang sangat diperlukan. Makanya pembangunan itu tidak hanya fisik semata, tetapi mental juga perlu.

BACA JUGA  Nono Sampono: Bangsa Indonesia Jangan Pernah Melupakan Pancasila

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan sosial berupa selimut kepada lansia, bantuan nutrisi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu, serta penyerahan buku PKH yang merupakan program Dinas Sosial kepada masyarakat penerima manfaat.

Di sampingn itu, juga ada penyerahan PMT kepada anak-anak yang merupakan program dari DPPKBP3A dan penyerahan bibit pertanian berupa bibit padi, bibit alpukat dan bibit manggis dari Dinas Pertanian. Wewe

Baca juga: Pengurus Bundo Kanduang Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Dikukuhkan

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -