Bagian SDA Sekretariat Daerah Kab Solok Sosialisasikan Inovasi SEMALAM

Arosuka, SuhaNews – Pemerintah Kabupaten Solok, melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sekretariat Daerah melaksanakan Sosialisasi Databse  Pemanfatan Sumber Daya Air kepada camat dan wali nagari di Kecamatan Gunung Talang, Rabu, 9 Oktober 2024 di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Kepala Bagian SDA Setda Kabupaten Solok, Bapak Anthony Saliza S.E., M.Ec.Dev. menjelaskan bahwa agenda ini adalah sosialisasi inovasi SEMALAM (Database Pemanfaatan Sumber Daya Alam).

Baca juga: Walikota Solok Bahas Masalah Sumber Daya Air Bersama Kementerian PUPR

“Pembuatan inovasi database SEMALAM ini dilakukan dengan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai stakeholders seperti dengan Dinas DLH Kabupaten Solok, Dinas PTSP Naker Kabupaten Solok, Dinas PU, Dinas Pertanian, dan stakeholders lainnya,” ujar Anthony Saliza.

Pelaksanaan inovasi SEMALAM ini secara perdana, jelas Anthony Saliza, dipilih wilayah Kecamatan Gunung Talang sebagai pilot project.

“Database SEMALAM untuk wilayah Kecamatan Gunung Talang telah disusun,” tambah Anthony Saliza.

Terdapat berbagai data yang dapat diakses pada database SEMALAM tersebut, diantaranya adalah data rekapitulasi pemanfaatan sumber daya alam per wilayah dan persektor.

“Pada database tersebut juga dapat dilihat peta sebaran titik-titik pemanfaatan sumber daya alam baik per wilayah maupun per sektor, dan berbagai data lainnya,” jelas Anthony Saliza.

Ke depan, harap Anthony Saliza, database ini dapat membantu meningkatkan kinerja Bagian Sumber Daya Alam dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Penyusunan database SEMALAM ini, tambah Anthony Saliza, masih akan berlanjut dan akan disusun juga untuk 13 kecamatan lainnya. Di samping itu, database SEMALAM ini akan dilakukan update secara berkala dengan stakeholders terkait. Wewe

Baca juga: Perhatikan Prinsip Hukum dalam Pengaturan Soal Sumber Daya Alam

Facebook Comments

BACA JUGA  Hari Jadi ke-110, Bupati Solok Launching Calendar Of Even 2023,
- Advertisement -
- Advertisement -