spot_img

Tak Ada “Tongkat” Ini Bus AKAP Sumbar Yang Pakai Transmisi Matic

SuhaNews – Handel Persneling pada big bus AKAP yang lebih mirip tongkat karena berdiri tegak disamping stir dan jadi bagian utama alat kemudi, menjadi salah satu tempat pemasangan acesoris oleh pengemudi.

Namun pada beberapa bus generasi baru yang digunakan oleh operator bus Aantar Kota Antar Propinsi (AKAP) di Sumatera Barat justru tidak ada tongkatnya alias menggunakan transmisi matic. Bus yang menggunakan transmisi matic ini buatan pabrikan Eropa.

Yang terpantau SuhaNews, operator pertama menggunakan Transmisi matic ini dilintasan Sumbar – Jabodetabek adalah PO. Gumarang Jaya, seluruh armada Ma Unjua Class menggunakan mesin dan chasis Mercedes Benz OH1626 yang didukung transimisi matic ini. akap akap akap akap

01508 bus npm matic

Perusahaan bus tertua di Sumatera yang masih beroperasi juga memiliki armada menggunakan transmisi matic ini. Istimewanya, bus dengan transimisi matic ini juga diisitimewakan oleh PT. NPM yang disematkan livery khusus mengenang kejayaan bus ini di era tahun 90an. Sehingga bus yang menggunakan mesin dan chasis Mercedes Benz OH1626 mencolok dan berbeda dari puluhan unit PO. NPM Sutan Class.

PO. Alhijrah yang sejak kehadirannya setahun lalu menyajikan kemewahan juga menggunakan bus bertransmisi matic ini pada beberapa armadanya terutama yang menggunakan mesin dan chasis Scania, baik roda enam maupun tronton.

Begitu juga pada armara terbaru PO. Alhijrah yang menggunakan mesin dan chasis Volvo B11R juga memakai transmisi matic.

Terbaru, PO. MIYOR yang merilis empat unit armada tronton diatas chasis Mercedes Benz OC500 RSD2445. Meski terlihat ada yang kurang karena ketiadaan “tongkat” di area kemudi, kabinnya terlihat mewah oleh beberapa tombol yang tersemat di stir dan dasboard sekitar speedometer. Moentjak

BACA JUGA  Dilempar OTK, 1 Penumpang Bus Gumarang Jaya Terluka

Berita Terkait :

Facebook Comments

Google News