Sabtu Pagi, Beberapa Nagari di Kab.Solok Terendam Banjir

Solok, SuhaNews. Hujan yang turun mengguyur sebagin besar kawasan Kabupaten Solok sejak Jumat (7/2) malam membuat Batang Lembang, Batang Sumani, Batang Cupak dan beberapa sungai lainnya meluap pada Sabtu pagi.

Akibatnya beberapa nagari disepanjang aliran sungai ini juga mengalami banjir. Dari pantauan SuhaNews pada Sabtu (8/2) pagi aliran batang Cupak yang melewati nagari Koto Baru terlihat meluap di sekitar Muaro dan Kayu Samuk jorong Simpang.

Sabtu Pagi, Beberapa Nagari di Kab.Solok Terendam Banjir 1
Banjir di Muaro Paneh

Begitu juga dengan batang Sumani, airnya terlihat meluap disekat jembatan Koto Baru dan menggenangi daerah aliran sungai. Luapannya juga menggenangi sawah di depan Polsek Kubung. Akibatnya padi yang dalam kondisi siap ditanam ini trendam air.

Di Kinari kecamatan Bukit Sundi air kembali meluap, selain merendam pemukiman juga masuk ke rumah ibadah. Akibatnya pagi ini jamaah tidak bisa melaksanakan shalat berjamaah di beberapa masjid dan mushala di nagari Kinari.

Luapan air juga menggenangi beberapa kawasan di Koto Panjang dan Balai Pinang nagari Muaro Paneh. Air menggenangi jalan Koto Baru – Muaro Paneh di sekitar Air Batuang.

Sabtu Pagi, Beberapa Nagari di Kab.Solok Terendam Banjir 2
Banjir di Muaro Paneh

Kondisi serupa juga terlihat disepanjang aliran Batang Lembang yang masuk wilayah Kota Solok, saat debit air mulai meningkat, masyakat disepanjang sungai mulai siaga.

Walau belum ada laporan masyarakat tentang luapan sungai ini, BPBD Kabupaten Solok terlihat mulai melakukan patroli dan siaga pagi ini dengan mendatangi daerah yang berpotensi banjir.

reporter : Satprakoja editor : Moentjak

Baca Juga :

 

 

Facebook Comments

BACA JUGA  Pamit Ziarah Kubur, Hasnadi Hilang di Mungka 50 Kota
- Advertisement -
- Advertisement -