Satlinmas Sawahlunto Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Sawahlunto, SuhaNews – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Sawahlunt menggelar pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Rabu 12 Oktober 2022.

“Seluruh Satlinmas akan mengikuti pembinaan dan pelatihan  secara bertahap, pertama dilaksanakan oleh Kecamatan Silungkang,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Sawahlunto Jon Hendri.

Baca juga: Gubernur mahyeldi Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Satlinmas

Materi yang disampaikan dalam pembinaan dan pelatihan ini, jelas Jon Hendri, menyangkut kesiapan mental dan fisik Satlinmas dalam menjalankan tugas. Di samping itu juga dibahas strategi-strategi dalam menghadapi masalah keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Instruktur dalam kegiatan ini berasal dari jajaran Polsek Muaro Kalaban dan Koramil 04/Muaro Kalaban,” kata Jon Hendri.

Peserta pembinaan dan pelatihan Satlinmas di Kecamatan Silungkang, jelas Jon Hendri, berjumlah sebanyak 50 orang, berasal dari sepuluh orang/desa.

“Untuk jumlah seluruh Satlinmas di Kota Sawahlunto ada 370 orang, karena di masing-masing desa/kelurahan ada sepuluh orang. Sekarang kita membantu melaksanakan pendataan seluruh Satlinmas ini untuk didaftarkan pada Sistem Informasi Manajemen Satlinmas (SIM Linmas) sehingga Satlinmas kita tercatar masuk dalam database nasional kemudian kegiatan mereka dapat direkap secara digital/online,” ujar Jon Hendri.

Satlinmas di Sawahlunto yang telah mengabdi selama lebih dari sepuluh tahun, tambah Jon Hendri, akan diberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, yang membuka kegiatan pembinaan dan pelatihan Satlinmas di Kecamatan Silungkang itu menyampaikan terima kasih atas kontribusi Satlinmas selama ini.

“Kesiapsiagaan menjadi salah satu faktor kunci bagaimana Satlinmas berhasil menjalankan tugas. Karena itu dalam pembinaan dan pelatihan ini paling banyak digembleng itu soal kesiapsiagaan tersebut,” kata Wali Kota Deri.

BACA JUGA  Kasdim 0304/Agam Ikuti Sosialisasi Virtual Perekrutan Personel Komcad Matra Darat

Wali Kota Deri Asta menyebut Pemko Sawahlunto komitmen mendukung Satlinmas melalui berbagai hal salah satunya membina, melatih dan mendampingi sampai memfasilitasi pendaftaran untuk SIM Linmas.

“Dari pemerintah desa dan kelurahan itu juga memberikan perhatian kepada Satlinmas dengan memberikan honor. Semoga dukungan itu membantu para Linmas untuk lebih profesional,” kata Wali Kota Deri.

Wali Kota Deri Asta mengajak Satlinmas untuk antisipatif segera melakukan langkah-langkah persiapan menyambut Pemilu serentak 2024.

“Dalam melakukan tugas, lakukan pendekatan yang humanis artinya kita hindari konflik fisik. Jika sudah tidak bisa ditangani lagi sehingga resiko konflik fisik tidak terhindarkan maka segera koordinasi dengan aparat berwenang seperti Babinkamtibmas atau Babinsa,” harap Wali Kota Deri Asta. (Wewe)

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas, Walikota Sawahlunto Kukuhkan Anggota Satlinmas

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -