Sijunjung Terima Tiga Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Sumbar

Sijunjung, SuhaNews – Kabupaten Sijunjung berhasil memperoleh 3 Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2022 tingkat SUmbar, yakni Kategori Pembina Ketahanan Pangan atas nama Zainal, SPdI, Wali Nagari Guguak Kecamatan Koto VII, memperoleh Pringkat I.

Kemuadian, Kategori Pelayan Ketahanan Pangan atas nama Aries Dwi Poetra, SP, Penyuluh Pertanian  Wilayah Binaan Limo Koto III, Kecamatan Koto VII, memperoleh Peringkat Harapan III dan Kategori Pelaku Ketahanan Pangan atas nama KWT Mandiri dengan Ketua Sumiati Eka Putri , Nagari Limo Koto Kecamatan Koto VII memperoleh Peringkat Harapan III.

Baca juga: Humas MTsN 4 Pasaman Terima Penghargaan dari Kakan Kemenag

Penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kembali diadakan setelah wabah Covid 19 melanda (2020-2021). APN ini sebagai memotivasi aparatur pemerintah untuk memacu mewujudkan  kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan daerah.

Penilaian dan verifikasi oleh Tim Penilai Tk Provinsi untuk ketiga kategori  di Kabupaten Sijunjung dimulai sejak Selasa, 26 Juli 2022 dengan 2 kategori, yaitu Pelayan Ketahanan Pangan dan Pelaku Ketahanan Pangan di Sekretariat KWT Mandiri Jorong  Batu Balang, Nagari Limo Koto Kecamatan Koto VII.

Kemudian, Penilaian kategori Pembina Ketahanan Pangan di laksanakan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 berlokasi di Nagari Guguk kecamatan Koto VII.

Kegiatan masyarakat dengan mengedepankan kebersamaan, kegotongroyongan serta pemberdayaan dalam naungan dan pembinaan yang terarah disertai dukungan berbagai kegiatan pengolahan pangan berbasis sumberdaya lokal non beras non terigu diharapkan mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi anggota maupun masyarakat sekitar menjadi salah satu inovasi yang diharapkan mampu membantu pewujudan ketahan pangan di kabupaten Sijunjung.

Peran Wali Nagari dalam memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk selalu berupaya meningkatkan pendapatan dan mampu menyediakan pangan secara mandiri, di kala kondisi pangan sedang mengalami kerawanan sangatlah diharapkan. Isu stunting yang saat ini menjadi isue penting di Kabupaten Sijunjung,

BACA JUGA  Sumatera Barat Sambut Baik Pencanangan Transformasi Tenun Minang

Semoga keberhasilan ini  memberikan efek positif bagi penanganan pangan yang ada di  Sijunjung  dan mampu memotivasi masyarakat mapun stakeholder lain dalam pembangunan ketahanan  pangan.(Ning)

Baca juga: Bupati Eka Putra Harap Satgas Bisa Jaga Kestabilan Bahan Pangan di Tanah Datar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -