Tim dari Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Gelar Evaluasi di Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Tim dari Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI menggelar kegiatan Evaluasi Layanan Konsumsi Jamaah Haji Indonesia di Araba Saudi, Kamis (15/12) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Tim terdiri atas Kasubbag Tata Usaha Pada Pelayanan Haji Luar Negeri, Abdillah, Penyusun  ahan Kebijakan Pada Seksi Penyiapan Katering Subdit Katering Haji, Rahmi Khatijah, dan Analis Perencanaan Anggaran Pada Subbagian Tata Usaha Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri, Andi Rinaldi.

Baca juga: Haji Uma Bantu Pemulangan 2 Warga Aceh Korban Penipuan Kerja di Myanmar

Kegiatan tersebut dihadiri unsur Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Uswatman dan 24 orang peserta yang terdiri dari PPIH Arab Saudi dan PPIH yang menyertai kloter, Pembimbing Haji Daerah (PHD) Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Petugas  Kesehatan, Ketua Rombongan,  FK-BIHU, pengurus  KBIHU, JFU Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dan Humas.

Kepala Kantor kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menyampaikan selamat datang kepada tim Dirjen Pelayanan Haji Luar Negeri untuk bertemu orang-orang yang pernah menjadi petugas haji dan KBIHU Kota Bukittinggi.

“Pada tahun 2022 kota Bukittinggi memberangkatkan 118 Jama’ah, Alhamdulilah semua kembali dengan selamat ke tanah Air,” ujar H. Eri Iswandi.

Kami merasa bersyukur atas kedatangan Tim untuk melakukan Evaluasi Layanan Konsumsi Haji di Arab Saudi, tambah H. Eri Iswandi, sehingga dalam pertemuan kali ini kita bisa memberikan informasi bagaimana Penyelenggaraan haji ke depannya.

Dalam menyongsong musim haji tahun 2023, jelas H. Eri Iswandi, Kantor Kemenag sudah melakukan beberapa tahapan antara lain menyiapkan kuato estimasi keberangkatan dalam kondisi normal sehingga jamaah bisa memulai manasik agar jama’ah nanti bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna.

BACA JUGA  Peduli Korban Kebakaran, Ponpes Al Kautsar Sambangi MTs Muhammadiyah Limo Kaum

“Melalui kegiatan ini kita berharap dapat memberikan manfaat bagi semua serta program yang telah direncanakan dapat terselenggara dengan baik,” kata H. Eri Iswandi.

Abdillah, Kasubbag Tata Usaha Pada Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri menyampaikan terimakasih kepada Kakan Kemenag Kota Bukittinggi beserta jajarannya yang telah menyambut kedatangan Tim dengan luar biasa.

“Kedatangan kami untuk melakukan Evaluasi Pelayanan Kosumsi Haji Di Arab Saudi sehingga lebih banyak menerima masukan,” ujar Abdillah.

Kegiatan ini bertujuan untuk menangkap aspirasi dari para petugas dan perwakilan Jama’ah Haji melalui KBIHU dengan menampung usulan usulan yang yang diperlukan dalam rangka penyempurnaan layanan konsumsi baik yang terkait dengan menu , jumlah layanan konsumsi per hari,  layanan konsumsi pra dan pasca armuzna serta rencana adanya menu makanan Arab saudi untuk jemaah kita  untuk para Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi.

Menteri Agama, jelas Abdillah, memberikan amanah agar layanan haji memiliki inovasi yang baru salah satunya pada konsumsi layanan haji ini. Kami berharap bapak/ibu yang hadir pada hari ini agar saling memberikan masukan saran dalam inovasi guna memberikan pelayanan haji yang lebih baik lagi ke depannya.

“Kita di Kementerian Agama akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir untuk masukan dan sarannya. Ini akan kami jadikan bahan acuan untuk pembenahan pelayanan ke arah yang lebih baik lagi,” tambah Abdillah.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi ini merupakan kegiatan dari Dirjen PHU Kemenag RI, Kantor Kemenag Kota Bukittinggi hanya menfasilitasi untuk menghadirkan peserta yang PPIH Arab Saudi maupun yg menyertai kloter ,  Para Ketua KBIH dan Para Pelaksana di Bidang  dan Seksi PHU.

BACA JUGA  Kakan Kemenag Bukittinggi Lepas Siswa MIN Ikuti Kontes Robot Nusantara 2023

“Dengan adanya  eveluasi ini diharapkan meningkatkan layanan kepada dhuyufurrahman di segala aspek. Sebagai pelayan tamu Allah. kita punya satu motto Khidmatul Haj Syarfu lana, berkhidmat malayani tetamu Allah merupakan kemuliaan bagi kita. (Syafrial)

Baca juga: Bunda Paud Agam Buka Simulasi Manasik Haji Murid TK di Ampek Angkek

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -