BAZNas Sawahlunto Salurkan Bantuan Pendidikan Rp377 Juta Lebih

Sawahlunto, SuhaNews – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto menyalurkan bantuan pendidikan atau beasiswa tahap II sebesar Rp377.950.000,- kepada 480 mustahik, Senin 26 Desember 2022 di Masjid Agung Sawahlunto.

“Beasiswa itu diberikan kepada mustahiq yang terdiri atas pelajar TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs,” jelas Ketua BAZNas Kota Sawahlunto Edrizon Effendi.

Baca juga: Kemenag dan Pemko Padang Panjang Bahas Pembentukan Kampung Zakat

Pelajar TK, diberikan beasiswa sebesar Rp800 ribu, pelajar SD Rp600 ribu dan pelajar SMP Rp750 ribu.

“Pelajar TK diberikan beasiswa lebih besar karena di TK tidak ada bantuan yang diperoleh, beda dengan di SD dan SMP itu ada bantuan BOS kemudian juga bantuan seragam dari Pemko Sawahlunto,” ujar Edrizon.

Untuk proses pengajuan beasiswa dari BAZNas itu, Edrizon Effendi mengatakan diajukan melalui sekolah yang bersangkutan.

“Kini kita bekerjasama dengan pihak sekolah, karena mereka yang lebih mengetahui kondisi masing-masing anak yang berhak dan masuk kriteria sebagai mustahiq,” jelas Edrizon Effendi.

Jika masih ada mustahiq yang butuh dibantu biaya pendidikan anaknya, tambah Edrizon Effendi, maka sampaikan kepada pihak sekolah untuk membantu mengajukan. Tim BAZNas akan turun untuk melakukan verifikasi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bahwa jumlah penerima beasiswa meningkat karena jumlah pengumpulan zakat dari BAZNas juga bertambah.

“Tahap I dulu total beasiswa-nya Rp180.400.000,- dengan penerima sebanyak 227 orang. Artinya ada peningkatan sebesar Rp190 juta lebih dan penerima bertambah sebanyak 253 orang,” kata Wali Kota Deri Asta.

Wali Kota Deri Asta mengapresiasi BAZNas Sawahlunto yang tiap tahun terus mengalami peningkatan jumlah pengumpulan zakat. Tercatat pengumpulan zakat pada tahun ini sudah melebihi target, yaitu terkumpul Rp5,3 miliar dari target yang hanya Rp5,1 miliar. (Wewe)

BACA JUGA  Berhasil Turunkan Angka Stunting, Dhamasraya Terima Dana Intensif Fiskal 2024

Baca juga: Berharap Guru PAUD Sarjana, Pemko Pariaman Kucurkan Bantuan Beasiswa

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -