Dihadri Gamawan, Bupati Solok Kukuhkan Pengurus KAN Alahan Panjang

Alahan Panjang, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar mengukuhkan Ketua dan Pengurus Kerapatan Adat Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Senin, 13 Maret 2023.

Pengukuhan Pengurus KAN Alahan Panjang ini dihadiri oleh Forkopimda, anggota DPRD Kab. Solok, Ketua Dewan Penasehat Nagari Alahan Panjang, Dr. H. Gamawan Fauzi, S.H., M.M, Asisten I Syahrial, Asisten II Deni Prihatni, Kepala OPD, Camat Lembah Gumanti,  Wali Nagari, tokoh agama, adat, niniak mamak.

Baca juga: Pengurus KAN dan BPRN Sungai Tarab Silaturrahmi ke KAN Gaduik

Wali Nagari Alahan Panjang, Zulkarnaini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati serta rombongan, yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara pengukuhan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Alahan panjang ini.

“Mudah-mudahan Nagari Alahan Panjang selalu dalam keadaan aman dan makmur serta mendapatkan keberkahan.

solokDr. H. Gamawan Fauzi, S.H.,M.H, Ketua Dewan Penasehat Nagari menyampaikan bahwa ia baru pertama kali hadir dalam acara pengukuhan ketua KAN ini. Sungguh luar biasa  karena Ketua KAN ditunjuk berdasarkan kepercayaan dari anak kemenakan dan para niniak mamak.

“Ketua KAN yang baru di kukuhkan, jalankan amanah ini dengan baik karena akan dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat,” ujar Gamawan Fauzi.

Dahulu Minang ini sangat terkenal dengan musyawarah, tambah Gamawan, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan, dengan semangat keiklhasan untuk menyelesaikan permasalahan, perbedaan menjadi persatuan.

“Sebenarnya guru dari demokrasi ini pantas disebut Minangkabau, karena masyarakat yang sudah biasa dengan perbedaan pendapat, namun tetap pada satu tujuan,” jelas Gamawan Fauzi.

Tidak ada alasan niniak mamak untuk tidak datang ketika diundang dalam suatu kegiatan, karena itu merupakan tanggung jawabnya kepada kemenakan.

BACA JUGA  Kunjungi Kinari, Bupati Solok: Kita Akan Usahakan Investor di Bidang Pertanian

“Musyawarahkanlah setiap kegiatan, susun sistem yang rapi, mulai dari registrasi, pola pengambilan keputusan dan pola bermusyawarah, pola mencapai kesepakan dan sebagainya. Itu betul-betul dijalankan dengan sebaik-baiknya agar tercapai apa yang dituju dan diinginkan,” tambah Gamawan Fauzi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gamawan Fauzi yang berkenan hadir dalam pengukuhan KAN Alahan Panjang ini.

“Gamawan Fauzi merupakan tokoh Nagari Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat bahkan tokoh nasional,” puji Epyardi Asda.

Saya merasa bangga dan salut, ujar Epyardi Asda, karena Gamawan Fauzi pernah menjadi bupati solok selama dua periode, menjadi gubernur dan Menteri Dalam Negeri.

“Banyak ucapan dan tindakan beliau yang bisa menjadi inspirasi bagi saya untuk menjalankan roda pemerintahan ini,” tambah Epyardi Asda.

Bupati Epyardi Asda berharap yang memimpin daerah adalah putra asli daerah tersebut. Sebagai contoh, Kecamatan Tigo Lurah yang masuk daerah tertinggal,diempatkanlah seorang guru menjadi camat.

“Alhamdulillah sekarang Tigo Lurah jauh lebih bai.,S aya meletakkan seseorang itu sesuai dengan kapasitasnya,” jelas Epyardi Asda.

Saya merasa bersyukur dan bahagia, papar Epyardi Asda, Nagari Alahan Panjang sudah mendunia. Banyak tokoh yang berasal dari Nagari Alahan Panjang. (Wewe)

Baca juga: Bupati Solok Kukuhkan Pengurus KAN Simanau dan Resmikan Masjid Baitul Makmur

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -