H. Zulkifli; Pesantren Ramadhan Momentum Ciptakan Generasi Milenial 4T1P

Koto Baru, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang membuka Pesantren Ramadhan Madrasah secara simbolis di MAN 2 Solok, Senin (27/3) menyebut bahwa kegiatan ini merupakan momentum menciptakan generasi milenial yang memiliki 4T1P dari lingkungan madrasah.

4T1P yang dimaksud adalah Tertuntun Aqidahnya, Tertuntun Ibadahnya, Terjaga Akhlaknya, Terampil Sain dan Teknologi, sedangkan P adalah kemampuan public speaking yang mumpuni.

“Dari 4T yang saya sampaikan sudah bisa dipahami tinggal lagi pelaksanaan, sedangkan public speaking diperlukan sebagai sarana aktulisasi diri siswa dan lulusan madrasah untuk menunjukan kepada khalayak ramai bahwa merakan adalah insan yang beriman, berilmu dan berketerampilan,” jelas Zulkifli.

Zulkifli menyampaikan, selama dua minggu dibulan Ramadhan, para siswa akan mengikuti kegiatan Pesantren ndi madrasah masing-masing dengan bimbingan ustad dan ustadzah yang menyajikan berbagai materi yang pada intinya menunjang terwujudnya 4T1P tersebut.

Kepada para ustad dan ustadzah yang menyusun materi dan agenda pesantren ramadhan, Kakan Kemenag menyampaikan untuk menyesuaikan dengan ke arifan lokal dan menjadikan bagian materi. Karena ini adalah salah satu bentuk tumbuhnya moderasi beragama dari lingkungan madrasah.

“Semoga dengan adanya pesantren ramadhan ini, para siswa madrasah di kabupaten solok mampu menjadi insan yang lebih baik sebagaimana harapan dan cita-cita orang tua saat menyerahkan pendidikan anak-anaknya ke madrasah,” ulas Zulkifli. 

Selama Ramadhan 1444 H ini seluruh madrasah di Kabupaten Solok menyelenggarakan pesantren selama dua pekan dengan materi yang disusun oleh msing-masing madrasah. Fendi

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

BACA JUGA  Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64, Kajari Dhamasraya Gelar Adhyaksa Fair
- Advertisement -
- Advertisement -