Genius Umar Buka Bimtek JITU PASNA Kota Pariaman

Pariaman, SuhaNews – Wali Kota Pariaman Genius Umar membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JITU PASNA) Bagi Aparatur Sipil Negara dan Non ASN Pemerintah Kota Pariaman di Aula Restorant Joyo Makur, Selasa, 30 Mei 2023.

“JITU PASNA ini adalah pengkajian dan penilaian awal akibat bencana, analisis dampak bencana, perkiraan kebutuhan pasca bencana, dan rekomendasi awal terhadap strategi pemulihan,” ujar Genius Umar.

Baca juga: Pemkab Pasaman Berduka, Sekretaris BPBD Wafat Karena Kecelakaan di Sungai Limau

Sebelum terjadi bencana, jelas Genius Umar, kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat apa yang mesti dilakukan ketika nantinya terjadi bencana. Pemahaman tersebut juga bisa kita berikan kepada tokoh-tokoh agama karena nantinya mereka bisa mensosialisasikannya secara langsung kepada jamaah pada saat memberikan ceramah agama.

“Langkah-langkah penanggulangan sebelum terjadinya bencana itu harus dikaji lebih lanjut, sehingga ketika terjadi bencana nantinya JITU PASNA bisa menjadi acuan bagi pemangku kepentingan, dalam melaksanakan Rehabilitasi dan Rekonstruksi serta pembangunan kembali sektor-sektor yang terdampak bencana,” ujar Genius Umar.

Untuk menyusun JITU PASNA ini, tambah Genius, menjadi kajian kebutuhan pasca bencana, bukan hanya menjadi tugas dari BPBD, akan tetapi juga menjadi tugas dari semua OPD untuk turun langsung ke masyarakat menyusun analisis dampak dan analisis kebutuhan, sebagai masukan buat kita untuk memutuskan bantuan seperti apa yang akan diminta ke Pemerintah Pusat pasca terjadi bencana.

Genius Jelaskan ada lima sektor yang dikaji kebutuhannya pada JITU PASNA yaitu Komponen Kerusakan, Kerugian, Kehilangan Akses, Gangguan Fungsi, dan Peningkatan Risiko.

“Mudah-mudahan bimtek yang digelar selama dua hari 30 s/d 31 Mei 2023 ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya kepada peserta yang akan menjadi Tim Jitu Pasna,” harap Genius.

BACA JUGA  Wako Hendri Septa Sambut Baik USR Universitas Baiturrahmah

Tim Jitu Pasna ini bisa memberikan informasi kerugian dan kerusakan secara cepat sehingga data kerugian dan kerusakan yang terjadi di wilayah mereka cepat terdata. Inilah sasaran kita dengan adanya kegiatan Jitu Pasna ini. Chi/Wewe

Baca juga: Pemkab Pasaman Berduka, Sekretaris BPBD Wafat Karena Kecelakaan di Sungai Limau

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -