K2MA Sumbar Menggelar Rapat Koordinasi di MAN 2 Bukittinggi

Bukittinggi, SuhaNews – Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (K2MA) provinsi Sumbar mengadakan rapat koordinasi (Rakor) di MAN 2 Bukittinggi pada Rabu (31/5/23).

Rakor yang digelar dalam rangka meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar kepala madrasah ini dihadiri oleh seluruh pengurus dan koordinator wilayah K3MA se- Sumbar.

“Dengan diadakannya pertemuan di MAN 2 Bukittinggi ini, memberikan kebahagian tersendiri bagi MAN 2 Bukittinggi,” ujar Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri J.

Baca juga: OSIM MTsN 6 50 Kota Dikukuhkan, Ini Pesan Kepala Madrasah

’Selain menjalin silatutahmi antar kepala madrasah, jelas Amri J,  juga dapat menyamakan persepsi dalam menyukseskan program kementerian agama untuk tingkat Aliyah di madrasah masing- masing.

Pada pertemuan Mei 2023 ini ada 3 hal yang dibahas yaitu penyamaan persepsi terhadap regulasi baru, persiapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dan Isu Strategis pendidikan madrasah,” ungkap Amri J.

Amri J menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini yang harus segera dilakukan adalah pematangan implementasi Kurikulum Merdeka pada madrasah aliyah sesuai dengan KMA No. 347 tahun 2022 tentang pedoman pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka).

‘’Walaupun MAN 2 Bukittinggi belum menerapkan Kurikulum Merdeka , tapi semua tenaga pendidik dan kependidikan sudah mengikuti pelatihan IKM baik langsung maupun virtual. Sehingga untuk tahun ajaran 2023- 2024 MAN 2 Bukittinggi siap menerapkan Kurikulum Merdeka,’’ ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut dihasilkan keputusan, pertama para pimpinan madrasah setuju untuk implementasi Kurikulum Merdeka, mengikuti seluruh regulasi yang dikeluarkan kementerian agama serta peningkatan kualitas madrasah. Pentingnya koordinasi antar wilayah juga mempermudah masing- masing kepala madrasah dalam menjalankan program kementerian agama serta penetapan libur semester genap untuk siswa pada TA 2022- 2023.

‘’Sesuai dengan kesepakatan dalam rapat, hasil rapat ini tentunya akan di sampaikan ke dalam Rapat K3MA kabupaten/ kota masing-masing. Disamping itu, hasil rapat juga akan dilaporkan kepada Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar,’’ ungkap Amri J lagi .(Yuli/Syafrial)

BACA JUGA  Kakanwil Kemenag H. Helmi Buka Rakor K3MA se-Sumbar di MAN 2 Bukittinggi
Baca juga: Sonsong Kurikulum Merdeka, MTsN 4 50 Kota Gelar Lokakarya

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -