Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok Dikukuhkan

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar melantik dan mengukuhkan Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok serta Pelepasan Kontingen Penas Tani XVI Kabupaten Solok, Kamis, 08 Juni 2023 di Gedung Solinda, Arosuka.

Acara ini dihadiri oleh  Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI diwakili Subardi, Asisten II  Deni Prihatni, Ketua umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia  Juwari,Jajaran Asosiasi Bawang merah Indonesia, Kepala OPD, Para Pegiat Bawang di Kabupaten Solok.

Baca juga: Program Inflasi, Bupati Pasaman Barat Panen Bawang dan Cabai di Nagari Talu

Adapaun  Pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok.yang dilantik yakni Ketua  Amri Ismail, SE, M. Si., Wakil Ketua Liderson, A. Md., Ayatul Rajo Bangkeh, S. Pt., Marnofi Hendri, S. Pt., Sekretaris Hafiz Walfarizi, A. Md., Wakil Sekretaris Algusra Tanjung, dan Bendahara Indra Wardi.

Kepala Dinas Pertanian Drh. Kenedy Hamzah, M. Si., mengatakan bahwa Asosiasi ini terbentuk setelah difasilitasi oleh Pimpinan untuk melakukan studi banding tentang bawang merah ke Kabupaten Brebes.

“Asosiasi ini merupakan bagian dari Asosiasi Bawang Merah Indonesia yang diketuai oleh Juwari,” jelas Kenedy Hamzah.

Kita juga  meelepas peserta Penas yang akan dilaksanakan di Kota Padang. Dimana kegiatan Penas tahun ini merupakan kegiatan yang terundur dari tahun 2020 yang lalu

“Saat ini, bawang merah mencapai 13 ribu tanaman dan terfokus di Kec Lembah Gumanti, Danau Kembar dan Lembang Jaya, dan sekarang telah berkembang ke Kec Pantai Cermin, Hiliram Gumanti dan Gunung Talang,” jelas Kenedy Hamzah.

Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia Juwari menyampaikan rasa senangnya karena perjuangan sebagai petani bawang merah sudah berkembang dengan pesat.

BACA JUGA  Bupati Solok Serahkan KUA-PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2023

“Kami telah mendirikan Asosiasi Bawang Merah ini di seluruh kabupate dan kota yang memiliki sentra bawang merah dengan harapan petani bawang merah ini semakin maju,” harap Juwari.

Dengan adanya asosiasi ini, tambah Juwari, diharapkan Indonesia bisa menjadi pengekspor bawang merah terbesar di Asia.

indonesia“Kabupaten Solok juga punya potensi bawang merah yang sangat besar, mudah mudahan menjadi penghasil bawang merah terbesar di Sumatra,” harap Juwari.

Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar mengatakan bahwa pelantikan Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok ini merupakan trobosan yang cukup bagus bagi para petani bawang merah di Kabupaten Solok.

“Bawang merah ini akan meningkatkan ekonomi para petani di Kabupaten Solok,” ujar Epyardi Asda.

Bupati berharap Dinas Pertanian dapat menggali potensi di bidang pertanian agar Kabupaten Solok bisa menjadi penghasil bawang terbesar di Sumatera.

“Dengan adanya asosiasi ini kita akan memfasilitasi para petani untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petani bawang di Kabupaten Solok ini,” tambah Epyardi Asda. Wewe

Baca juga: Kominfo Sijunjung Ikuti Rakornas Asosiasi LPPL Radio TV Indonesia di Batu Raja

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -