Alahan Panjang-Sariak Alahan Tigo, Menyusuri Jalan Masa Lalu

Alahan Panjang-Sariak Alahan Tigo, Menyusuri Jalan Masa Lalu
Danau mini
Solok, SuhaNews – Menyusuri ruas jalan dari Alahan Panjang-Talang Babungo dan Talang Babungo-Sariak Alahan Tigo kecamatan Hilitan Gumanti Kabupaten Solok seperti kembali ke masa lalu.

Kerusakan jalan sudah terlihat mulai dari Pasar Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti. Di Simpangan Tiga dekat Bank Nagari atau di depan pasar Alahan Panjang terlihat jalan rusak dan berlubang.

Ruas jalan Alahan Panjang- Salimpat pun terlihat rusak parah, apalagi di perbatasan kedua nagari, kondisinya lebih parah lagi usai dihantam banjir beberapa waktu lalu. Jalan di sini masih buka tutup karena jalan sudah terban dan terkikis oleh banjir.

rusak parah

Begitupun dari Salimpan-Talang Babungo, kondisi tidak jauh berbeda. Banyak titik jalan yang berlubang dan membentuk danau-danau kecil. Kondisi ini terlihat makin parah begitu pada musim hujan.

“Mudah-mudahan tahun 2020 ini, jalan Alahan Panjang-Talang Babungo akan diperbaiki dengan dana APBD Provinsi Sumbar,” ujar anggota DPRD Kabupaten Solok Hafni Hafiz.

Ia sudah mendatangi Dinas PUPR Provinsi Sumatera Barat, didapatkan informasi jika ada anggaran untuk perbaikan jalan yang menghubungkan dua kecamatan ini, Lembah Gumanti dan Hiliran Gumanti.

Kerusakan lebih parah terlihat di ruas jalan Talang Babungo-Sariak Alahan Tigo.  Begitu meninggalkan pasar Talang Babungo atau setelah simpang kantor Camat Hiliran Gumanti, lubang besar menganga di badan jalan. Pengendara tidak punya pilihan lain, kecuali masuk lubang tersebut untuk bisa lewat.

“Sebaiknya kalau ke Sariak Alahan Tigo pakai sepatu bot,” ujar Feri.

Kalau menggunakan sepatu kantor, usai disemir, maka begitu melalui jalan ini, sepatu hitam itu akan bergelimang lumpur. Guru dan petugas kesehatan yang bolak-balik Alahan Panjang atau Talang Babungo ke Sariak Alahan Tigo menggunakan dua sepatu, sepatu bot untuk bolak-balik, sementara sepasang sepatu untuk bekerja di kantor atau di sekolah di tinggal di tempat kerja

BACA JUGA  Seminggu Hilang, M. Zen Warga Sariak Alahan Tigo Belum Ditemukan

Perbaikan jalan Talang Babungo-Sariak Alahan Tigo belum terlihat dalam APBD Provinsi Sumbar. Rencananya jalan ini akan diperbaiki oleh perusahaan yang membangun PLTMH yang sedang membangun proyek saat ini.

“Pihak perusahaan akan memperbaki kerusakan jalan ini,” jelas Kabag Perekonomian, Beni Gusria di Arosuka.

bahu jalan terban

Dijelaskan, perusahaan yang kini sedang membangun PLTMH di Sariak Alahan sudah membuat surat perjanjian akan memperbaiki kerusakan jalan ini. Sebab banyak alat berat dan material proyek PLTMH ini yang harus diangkut melalui jalur ini, sementara tipe jalan tidak sesuai dengan kendaraan proyek yang keluar masuk, akibatnya jalan kembali rusak parah.

Kerusakan parah jalan Talang Babungo-Sariak Alahan Tigo terlihat sebelum 2010. Saat itu, saking parahnya, ongkos ojek untuk menempuh perjalan sepanjang 10 km berkisar Rp100.000 hingga Rp150.000.

Saat ini, kerusakan parah kembali terlihat begitu meninggalkan simpang Kantor Camat Hiliran Gumanti. Hanya sekitar 25 meter dari simpang ini menuju Sariak Alahan Tigo sudah terlihat lubang menganga seperti danau mini.

Kondisi ini terus berlanjut hingga ke Sariak Bawah. Di samping banyak lubang jalan dan longsoran yang menutupi badan jalan, di beberapa titik juga terlihat bahu jalan terban ke jurang. Bahu jalan yang terban dan membahayakan terlihat di lokasi tambang batu dekat Lurah gadang. Ada sekitar 50 meter bahu jalan yang terban.

“Kita sudah menggelar pertemuan dengan pihak perusahaan,” jelas Kabag Perekonomian, Beni Gusria.

Pertemuan dengan pihak perusahaan ini dihadiri juga oleh Anggota DPRD asal Sariak Alahan Tigo, Sekda, Asisten II, dan Camat Hiliran Gumanti. Hasil pertemuan disepakati bahwa pemeliharaan jalan ini segera dilakukan.

“Maret 2020 ini sudah harus dimulai perbaikan jalan tersebut,” jelas Beni.

BACA JUGA  Persiapkan Pilkada Ketua KPU Kab. Solok Sambangi Kapolres

Camat Hiliran Gumanti, Romi Hendrawan yang dikonfirmasi mengakui adanya pertemuan tersebut. Sebelum pengerjan proyek PLTMH ini dimulai sudah ada surat perjanjian jika pihak perusahaan akan memperbaiki kerusakan jalan ini.

“Benar, ada surat perjanjian itu,” ujar Rusli Intan Sati, mantan Ketua BMN Sariak Alahan Tigo da mantan anggota DPRD Kabupaten Solok.

PLTMH

“Saat ini kondisi jalan memang rusak parah,” jelas Romi.

Pada musim hujan, seperti sekarang, kerusakan kian terlihat, jalan dipenuhi dengan air bercampur lumpur. Para pengguna kendaraan roda dua akan bergelimang lumpur untuk sampai di Sariak Alahan Tigo.

Sementara Jalan Sariak Alahan Tigo-Sungai Abu lebih mulus. Hanya ada sedikit kerusakan dari Sariak Bawah menuju Sungai Abu, seperti terlihat selepas SMPN 2 Hiliran Gumanti. Sementara yang lain masih terlihat mulus. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...