Apel Siaga Bencana; Penanganan Bencana Tanggung Jawab Bersama

Apel Siaga Bencana; Penanganan Bencana Tanggung Jawab Bersama
Penyerahan peralatan penanggulangan bencana
Arosuka, SuhaNews –  Apel Siaga Bencana digelar Pemkab Solok di GOR Batu Batupang Koto Baru, Rabu (12/2). Hadir Sekda Aswirman, AsistenI II Sony Sondra, Kapolres Arosuka, Kapolres Solok Kota, Kodim 0309 Letkol Arm. Reno Triambodo, unsur forkopinda, kepala badan/dinas/kantor.

“Seluruh instansi pemerintah pusat/daerah harus bersinergi untuk pencegahan bencana,” ujar Dandim 0309 Letkol Arm. Reno Triambodo, yang membacakan sambutan Bupati Solok.

Presiden Joko widodo dalam rapat koordinasi nasional 4 Februari 2020, jelas Reno Triambodo, menjelaskan bahwa gubernur/bupati/walikota harus segera menyusun rencana kontinensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana, penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara koloboratif, harus mengembangan potensi kepemimpinan sumber daya yang handal dan panglima dan kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum.

“Apel Siaga Bencana dikuti oleh TNI, POLRI relawan Rapi/Orari, dan  kelompok siaga bencana (KSB) nagari,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Solok, Armen AP.

Menurut Bupati Solok, urusan penanggulangan bencana merupakan urusan wajib yang diselengarakan oleh pemerintah daerah. Hal ini terkait dengan kewajiban melaksanakan pelayanan dasar bagi masyarakat yang ditetapkan dengan standar pelayanan minimal.

Pemerisaan kendaraan dan perlengkapan pasukan

“Adapun bebeb jenis layanan yang perlu diberikan kepada masyarakat,” jelas Letkol Arm. Reno Triambodo.

Jenis layanan itu, jelasnya, berupa pelayanan informasi rawan bencana,  pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana dan pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana.

“Pemerintah berkewajiban melakukan dan merespon bencana pada masayarakat,” tambah Letkol Arm. Reno Triambodo.

Bencana yang sering terjadi di Kabupaten Solok, jelasnya, berupa banjir bandang, longsor, angin kencang. Hal ini harus diwaspadai agar tidak menimbulkan korban jiwa. Dengan adanya kebersamaan antara Pemerintah,TNI, POLRI, Dunia Usaha dan Masarakat, bencana yang terjadi bisa ditangani dengan cepat. Wewe

BACA JUGA  Akhiri Jabatan Kedua, Bupati Solok Pamit Kepada Para Wartawan

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...