Bacakan Doa Khatam, Bupati Solok Hadiri Wisuda Tahfiz 1000 Siswa Madarsah

Bacakan Doa Khatam, Bupati Solok Hadiri Wisuda Tahfiz 1000 Siswa Madarsah
Koto Baru, SuhaNews – Bupati Solok Epiyardi Asda mengawali sambutannya dengan membacakan doa khatam saat menghadiri wisuda 1000 Tahfizh 1000 siswa madrasah se Kabupaten Solok, Kamis (4/8) di masjid agung Darussalam Islamic Center Koto Baru.

Acara yang dihelat oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok ini juga dihadiri oleh Anggota DPR RI dari Komisi V Athari Gauthi Ardi, Forkopimda, Kepala Bank Nagari Syariah, Pengurus MUI, Pengurus BAZNAS dan seluruh kepala madrasah se Kabupaten Solok.

Ketua Panitia, H. Syamsul Bahri yang juga Kasi Pendidikan madrasah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 1.035 siswa madrasah yang terdiri tingkat Ibtidaiyah sebanyak 124 orang, tiongkat Tsanawiyah sebanyak 627 orang dan tingkat Aliyah sebanyak 284 orang.

“Jumlah hafalan tertinggi sebanyak 17 Juz adalah Ridvi Mardhatillah, siswa MAN 1 Solok,” terang Syamsul.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H, Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu aktulisasi madrasah ke masyarakat dalam pencapaian proses pendidikannya.

“Selain itu juga untuk meningkatkan keimanan para siswa yang termasuk generasi Milenial atau generasi Z yang Islami dalam menghadapi arus globasasi kedepannya,” sebut Zulkifli.

Disampaikan juga, alumi wisuda tahfizh madrasah yang dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok juga sudah meraih juara tingkat nasional dan juga putra daerah yang berasal dari nagari Surian kecamatan Pantai Cermin.

Dalam kesempatan ini Kakan Kemenag memberikan kesempatan kepada undangan untuk menguji pata wisudawan. H. Elyunus dari pengurus MUI menguji salah satu peserta, yakni Midvi yang hafalannya tertinggi.

Bacakan Doa Khatam, Bupati Solok Hadiri Wisuda Tahfiz 1000 Siswa Madarsah 1

Bupati Solok H. Epiyardi Asda mengawali sambutannya dengan membakan doa khatam Qur’an yang kemudian mengajak para peserta mengikutinya.

Bupati mengapresiasi pencapaian para peserta, dan terima kasih serta pujian untuk para pembimbing tahfiz di madrasah. Terselip harapan, ini bukan akhir proses para wisudawan akan tetapi adalah salah satu momen untuk melanjutkan kemampuan membaca dan mendalami ilmu Al Qur’an.

BACA JUGA  Bakal Dilepas MU, AS Roma Tertarik Merekrut Eric Bailly

“Ibarat pendidikan, ada tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi yang juga dilanjutkan dengan pasca. Maka saya berharap anak-anak semua juga seperti itu, bila hari ini hafalan masih satu juz, lima juz, 10 juz dan 14 juz, maka tingkatkan terus hingga tuntas 30 juz. Bila telah sampai, sempurnakan ilmu tajwid dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Epiyardi memotivasi peserta.

Melihat meriah dan banyaknya peserta, Bupati mengucap syukur karena ini bukti bahwa Kabupaten Solok banyak melahirkan generasi Quran, ini terlihat dari semakin banyaknya peserta wisuda tahfidz, dan juga memiliki hafalan yang tinggi.

“Ini berarti, Kabupaten Solok sungguh luar biasa dalam menciptakan generasi Islami, saya merinding, sewaktu kepada MUI Kab. Solok menguji bacaan wisudawan tadi yang sangat fasih, lancar dan suaranya juga, Alhamdulillah selamat dan ananda adalah kebanggaan kabupaten Solok,” ulas Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati berharap, kedepannya semakin banyak generasi muda di Kabupaten Solok yang menjadi penghafal Al Qur’an.

Usai memberikan sambutannya, Bupati juga memberikan sertifkkat secara simbolis pada  wisudawan perwakilan masing-masing madrasah. Fendi

Berita Terkait :

baca baca baca baca 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGandeng BSSN, Diskominfotik Sumbar Kenalkan Aplikasi Wazuh
Artikulli tjetërManabang Batang Pisang, Prosesi Kedua Hoyak Tabuik