Bangkitkan Ekonomi, Pemnag Koto Rawang Latih Pemuda Buat Karangan Bunga

koto
Pesisir Selatan, SuhaNews – Pemerintah Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan ikuti pelatihan pembuatan karangan bunga.

“Keterampilan membuat karangan bunga tersebut memiliki potensi besar untuk menambah sumber pendapatan anak nagari,” ujar Wali Nagari Koto Rawang, Derijol, Jum’at (12/11).

Baca juga: Wabup Richi Aprian Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93

Pembuatan karangan bunga ini, tambah Derijol, memiliki pasar yang cukup tinggi untuk masyarakat lokal. Terlebih saat kegiatan pesta pernikahan maupun serah terima jabatan dan kegiatan seremonial lainnya.

“Pelatihan ini sebagai langkah awal untuk membuat generasi muda memiliki kegiatan positif sekaligus menjadi sumber pendapatan,” tambah Derijol.

Pelatihan pembuatan karangan bunga ini telah dianggarkan melalui dana desa untuk tahun 2021.

Anggarannya berkisar Rp20 juta lebih dengan melibatkan 15 pemuda dan pemudi dari masyarakat dua kampung di Nagari Koto Rawang yang dilaksanakan selama empat hari.

Untuk tahap awal, mereka akan memiliki tiga papan karangan bunga siap jadi. Untuk mendapatkan calon pelanggan, setiap peserta diminta untuk dapat mempromosikan.

“Harga sewa satu papan karangan bunga tersebut nantinya bervariasi. Mulai dari Rp150 ribu hingga Rp300 ribu, tergantung dari besar ukuran yang dipesan konsumen,” jelas Derijol.

Setelah keterampilan tersebut dimiliki oleh peserta, jelas Wali Nagari, maka pemerintah nagari tetap memberikan dukungan dengan berbagai bentuk fasilitas terkait untuk mendorong kemajuan pembuatan karangan bunga.

“Direncanakan usaha tersebut akan dinaungi melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag) Koto Rawang dan dilaksanakan berdasar mekanisme yang diatur dengan sistem bagi hasil,” papar Derijol.  (*)

Baca juga: Walikota Padang, Hendri Septa Raih Penghargaan Kepala Daerah Peduli Pemuda

Facebook Comments

BACA JUGA  Meriahkan HUTRI ASN Kantor Kemenag Kab.Solok Gelar Lomba Lagu dan Olahraga
loading...
Artikel sebelumyaSMAK Padang Tetap Berprestasi Ditengah Pandemi Covid-19
Artikel berikutnyaCamat Nan Sabaris dan VII Koto Padang Pariaman Diserahterimakan