Banjir Jakarta, Catatan Kelabu Dihari Pertama 2020

Banjir Jakarta, Catatan Kelabu Dihari Pertama 2020
Kondisi banjir didaerah Penggilingan Jakarta
Jakarta, SuhaNews. Hari pertama tahun 2020 menjadi catatan kelabu bagi warga Jakarta. Karena sejak malam hingga Rabu (1/1) ini banjir menggenangi sebagian besar kawasan Jakarta.

Kondisi ini menambah kemacetan pada arus lalu lintas, bahkan pada beberapa daerah terjadi kelumpuhan aktivitas karena jalan yang sulit diakses oleh kendaraan, sementara air mengenangi rumah warga dengan ketinggian bervariasi.

Dikutip dari laman raffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, selain merilis kondisi jalan yang tergenang air, juga disampaikan himbauan agar masyarakat waspada terhadap banjir ini.

Polda Metro Jaya juga menginformasikan adanya genangan di beberapa lokasi sehingga mengganggu arus lalu lintas, berikut beberapa lokasi banjir di Jakarta:

1. Banjir setinggi 20-40 sentimeter di depan Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

2. Banjir setinggi 40 sentimeter di samping Pos Halim Baru dan Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, sehingga pengendara diimbau agar berhati-hati bila sedang melintasnya.

3. Banjir setinggi 40-50 sentimeter di depan Universitas Trisakti Jalur lambat arah Tomang, Jakarta Barat, sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

4. Banjir setinggi 30-50 sentimeter di sekitar Traffic Light (TL) Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading Jakarta Utara yang berdampak banyak sepeda motor mogok.

5. Sekitar pukul 06.00 WIB dilaporkan juga bahwa banjir setinggi 50 sentimeter di Terowongan Interchange Cawang dari Halim mengarah Jatinegara. Lalu lintas dialihkan ke Pancoran.

6. Pada waktu yang bersamaan juga dilaporkan mengenai banjir 50-60 sentimeter di KM 3,800 Tol Jatinegara. Untuk sementara seluruh kendaraan yang dari Tol Priok menuju Cawang dikeluarkan di Exit Tol Rawamangun.

7. Banjir juga diwartakan di TL Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading Jakut. Bagi kendaraan sejenis sedan diimbau agar tidak melintas serta juga banjir di Tol JORR arah Cakung tepatnya di Kilometer 43 sehingga pengendara diharapkan berhati-hati.

BACA JUGA  Lion Air Hentikan Penerbangan Domestik Hingga 31 Mei

8. Pada jam 06.00 WIB, banjir 30-40 sentimeter telah melanda Jalan Daan Mogot Tl Cengkareng Jakbar sehingga lalu lintas arah Kalideres dialihkan melalui Ring Road Puri Kembangan.

Kondisi Jakarta dihari pertama 2020 ini juga berdampak perekonomian, termasuk para perantau Minang yang sebagian besar berdagang di berbagai lokasi.

Buyung Sutan Mantari (55) salah satu perantau Minang asal Solok yang dihubungi oleh SuhaNews membenarkan kondisi ini, ia menyebutkan hari ini ia tidak berdagang nasi seperti biasa karena tempat tinggalnya di daerah Penggilingan juga terendam banjir dengan air selutut orang dewasa.

Sehingga ia tidak bisa pergi ke pasar saat dini hari membeli bahan-bahan dagangan seperti. Sejak air meluap tadi malam ia dan keluarga sibuk menyelamatkan isi rumahnya agar tak rusak oleh banjir.

Sementara warungnya tempat berdagang belum sempat dilihat hingga pagi ini, yang pasti lokasinya mencari nafkah tersebut juga terendam banjir.

“Sudah mahabehan rumah ko baru ambo caliak baa lo kondisi kadai, mudah-mudahan lai indak marusak peralatan manggaleh ambo,” ujarnya via telpon. Moentjak

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPolda Sumbar Gelar Acara Penyerahan SK Kenaikan Pangkat Personil
Artikel berikutnyaPonpes Darussalam Koto Anau Terima 2 Ruang Belajar dari Asli Chaidir