Bank Nagari Bantu Modal UKM dan Beli Songket Silungkang

song
SuhaNews – Membantu para pengrajin Songket Silungkang, tak hanya melalui pinjaman modal/pengembangan usaha, Bank Nagari Cabang Sawahlunto juga membantu dengan membeli produk dari para pengrajin tersebut.
Rabu (25/11) kemarin, Bank Nagari Cabang Sawahlunto baru saja memesan beberapa produk berbahan Songket Silungkang untuk perlengkapan desain interior kantor baru mereka dan merchandise (cinderamata) untuk para nasabah.
Kepala Cabang Bank Nagari Sawahlunto, Fauzan Sony Mangkubrata yang langsung mengorder produk – produk songket tersebut saat menghadiri penutupan pelatihan diversifikasi Songket Silungkang yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindagkop) Kota Sawahlunto. Setelah melihat – lihat hasil produk yang dibuat para peserta selama masa pelatihan, Fauzan langsung menyatakan minatnya untuk memesan beberapa item produk.
“Kita memesan taplak meja, hiasan dinding dan merchandise (cinderamata). Kebetulan Desember nanti Bank Nagari Cabang Sawahlunto kan pindah ke kantor baru, jadi kita membutuhkan item – item tadi untuk melengkapi desain interior kantor. Selain itu, ini juga bentuk dukungan langsung dari Bank Nagari pada produk – produk Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di Sawahlunto khususnya pengrajin Songket Silungkang,” ujar Fauzan.

Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan bahwa dari sisi pinjaman modal dan pengembangan usaha, Bank Nagari menawarkan program SIMAMAK pada pengrajin Songket Silungkang.

“Kita komitmen memberikan perhatian pada UKM – UKM di Sawahlunto ini, kita bantu dari berbagai sisi. Untuk pinjaman modal, itu ada beberapa program, yang kita rekomendasikan adalah SIMAMAK. Ini adalah skema pinjaman tanpa agunan berbunga rendah untuk membantu sektor UMKM di tengah pandemi COVID – 19. Jadi kita menjangkau UMKM dengan memberikan pinjaman modal dengan nilai maksimal Rp 3 juta dengan bunga sebesar 7 persen/tahun,” jelas Fauzan Sony Mangkubrata.

Menanggapi ‘aksi’ Bank Nagari Cabang Sawahlunto dalam membantu pengrajin Songket Silungkang tersebut, Walikota Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terimakasih. Menurut Walikota, hal yang dilakukan Bank Nagari tersebut sangat berarti bagi pengrajin.

“Biasanya masyarakat peserta pelatihan itu bingung setelah selesai mengikuti pelatihan, salah satunya karena kendala pemasaran. Nah sekarang, baru saja pelatihannya ditutup sudah ada yang langsung memesan, nah ini kan sangat terbantu sekali pengrajin kita. Terimakasih Bank Nagari Cabang Sawahlunto, terimakasih pak Fauzan Sony Mangkubrata,” ujar Walikota Deri Asta.

Walikota berharap, ‘aksi’ Bank Nagari tersebut mengobarkan semangat bagi para pengrajin Songket Silungkang. Juga, ‘aksi’ Bank Nagari ini memancing Bank – Bank lain serta BUMN/perusahaan swasta di Sawahlunto untuk ikut berkontribusi mendukung UKM – UKM di Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO tersebut. Rel | Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...