Batang Air Mudiak Lawe Solsel Meluap

29
batang
SuhaNews,– Air Batang Mudiak Lawe, Nagari Sako Utara Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) meluap Jumat (30/10/2020) sekira pukul 18.05 WIB,
Akibat luapan air sungai itu merendam sebagian rumah dan fasilitas umum di dua nagari yakni, Nagari Sako Pasir Talang dan Nagari Pasir Talang Barat.

“Luapan air sungai merendam rumahnya dan ikut merendam satu unit Pustu di Batang Lawe,” ujar Helfi Yulinda (34), seorang warga Batang Lawe Nagari Pasir Talang Barat sebagaimana dilansor dari Harianhaluan.com.

“Air sungai datang secara tiba-tiba jelang Magrib, padahal tidak ada hujan. Kemungkinan hujan deras di hulu sungai karena ikut terbawa arus sungai seperti marerial kayu,” katanya saat dihubungi Harianhaluan.com

Terpisah, Sudirman Wk.Dt.Lingkar Bulan selaku tokoh masyarakat Solsel mengatakan, air sungai Mudik Lawe meluap diduga akibat mengalami penyumbatan di hulu sungai karena tidak ada hujan di lokasi meluapnya air sungai.

“Saya menduga hulu sungai mengalami penyumbatan dan hutan di kawasan TNKS jalur barat tidak terpelihara dengan baik. Perlu dilakukan survei ke hulu sungai oleh pihak terkait,” tutupnya.

Terpisah Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran mengatakan hingga pukul 19.30 WIB air sungai sudah mulai surut. Pihaknya tengah melakukan pendataan terkait rumah dan sarana fasilitas umum yang terdampak luapan air bah.

“Hujan di hulu yang membawa material kayu, pasir dan batu dari hulu sehingga mengalami pendangkalan akibat material menyumbat di bawah jembatan,” katanya.

Editor : Lim Sumber : harianhaluan. com

Baca juga :

Facebook Comments

loading...