Bawaslu Sawahlunto Kerjasama Jalin Kerjasama dengan Empat Instansi

bawaslu
Sawahlunto, SuhaNews – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sawahlunto melakukan kerja sama dengan Kwarcab Pramuka Sawahlunto, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, Rabu 13 Juli 2022 di Perpustakaan M. Yamin Talawi.

Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto Dwi Murini mengatakan kerja sama ini dalam rangka memberikan sosialisasi dan edukasi pengawasan Pemilu kepada pemilih pemula.

Baca juga: Wabup Richi Aprian: Bawaslu Sangat Berperan Penting Dalam Mewujudkan Demokrasi

“Kerjasama ini terkait dengan pengelolaan pelajar yang termasuk dalam pemilih pemula,” ujar Dwi Murini.

“Pengawasan Pemilu menjadi hak dari setiap warga negara, termasuk pemilih pemula sehingga sejak awal harus didekati agar mereka memiliki pemahaman yang baik dan benar tentang aturan-aturan yang berlaku dalam Pemilu,” jelas Dwi Murini.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengapresiasi kerja sama itu dan menyebut Kwarcab siap melaksanakan kesepakatan-kesepakatan dalam nota kesepahaman tersebut.

“Sebelum ini dimulai kami meminta Bawaslu supaya memberikan pemahaman kepada anggota Kwarcab tentang poin-poin apa saja yang bisa/boleh dilakukan, sampai dimana batasannya. Sehingga nanti tidak terjadi kesalahpahaman di lapangan,” kata Ketua Kwarcab Zohirin Sayuti, yang juga Wakil Walikota Sawahlunto.

Ketua Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti menyebut peran Pramuka dalam hal ini adalah mendukung pendidikan pengawasan Pemilu bagi pemilih pemula, bukan terlibat dalam politik praktis.

” Pramuka tetap independen dan tidak terlibat atau terafiliasi dengan partai politik. Melainkan mendukung terciptanya pendidikan pengawasan Pemilu bagi pemilih pemula karena itu bagian dari hak sebagai warga negara,” kata Zohirin Sayuti.

Penandatanganan nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Sawahlunto Dwi Murini bersama Ketua Kwarcab Pramuka Sawahlunto Zohirin Sayuti, perwakilan Kemenag Sawahlunto Zulfahmi, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Tri Wiyono dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Halomoan. (Wewe)

BACA JUGA  Afifah Khiranda, SDN 07 Situmbuk Wakili Tanah Datar Lomba Bercerita Tingkat Sumbar

Baca juga: Kajati dan Bawaslu Sumbar Pantau Persiapan Pelaksanaan Pilkada di Kab Solok

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKetua GOW Kota Sawahlunto Buka Pembekalan untuk Motivator SILO
Artikulli tjetërTinggalkan Tanah Suci Jamaah Haji Kloter 1 Pulang ke Tanah Air