BAZNAS Sumbar Terima Pembayaran Zakat Non Tunai Dengan QR Code

BAZNAS Sumbar Terima Pembayaran Zakat Non Tunai Dengan QR Code
SuhaNews. Bank Indonesia perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) meresmikan pembayaran zakat, infak, dan sedekah tanpa uang tunai. Sehingga masyarakat Sumbar yang menjadi muzakki atau dikenai kewajiban bayar zakat bisa membayar ke Badan Nasiona Amil Zakat (Baznas) Sumbar atau ke masjid dimana pun tanpa uang cash.

Penggunan pembayaran ini ditetapkan dalam peresmian penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk penerimaan zakat/infaq/sedekah di masjid-masjid dan Baznas Sumbar, di Masjid Raya Sumbar, Selasa (14/1/2020).

Kepala BI Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama A, mengatakan penggunaan QRIS untuk mempermudah masyarakat dalam memberikan zakat. Bahkan pengirimannya bisa dilakukan di rumah masing-masing.

“Kita bisa mengirimkan selama kita punya stiker dan aplikasinya, kita menggunakan teknologi sehingga cepat dan langsung, tidak harus di masjid.

Menurutnya, pembayaran bisa dilakukan oleh semua bank pemerintah maupun bank swasta. Adapun bank yang belum bisa juga masih dalam proses, seperti Bank Nagari.

Ke depan, pembayaran nanti juga akan bisa dilakukan di semua masjid-masjid di Sumbar. Uang yang dibayarkan akan langsung masuk ke rekening Baznas Sumbar nantinya.

“Pemerintah sudah lama menggalakan pembayaran non tunai sejak tahun 2015. Banyak negara di dunia yang sudah menerapkan pembayaran elektronik,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengapresiasi BI yang telah memberikan fasilitas pembayaran non tunai untuk membayarkan zakat.

“Memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk membayar berbagai transaksi termasuk zakat dan sedekah, dengan ini kita bisa aman nyaman dan mudah urusan pembayaran,” katanya.

Dia mengatakan dengan pembayaran non tunai juga mendapat mencegah kebocoran uang masuk. Seperti pembayaran lainnya, berapa uang yang diberikan akan langsung masuk ke rekening dan uang akan sesuai dengan berapa yang masuk.

BACA JUGA  BAZ Solok Selatan Salurkan Zakat 2 Milyar Lebih

Sumber : Langgam.Id

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaGiliran striker asal Papua, Mariando Uropmabin Tinggalkan Tim Kabau Sirah
Artikel berikutnya40 Anggota MGMP Biologi MA Sumbar Bertemudi Sawah Solok