Berbagi Ilmu, Bupati Kubu Raya Kunjungi Kota Padang

kubu
SuhaNews – Tertarik dengan pembangunan Kota Padang yang cukup pesat dan beberapa inovasi yang dilakukan,  Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang.
Kunjungan ini dipimpin oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. Rombongan disambut oleh Plt. Wali Kota Padang Hendri Septa di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Jum’at (4/12/2020).

“Kedatangan kami kesini di samping untuk bersilaturrahim dan menjalin keakraban, juga dalam rangka mencari referensi yang akan digunakan untuk menyempurnakan kebijakan-kebijakan yang telah dan akan kami buat”, ujar Muda Mahendrawan menyampaikan maksud kedatangannya.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Kubu Raya didampingi oleh Sekretaris Daerah Yusran Anizam, Asisten Administrasi dan Umum Rusnaldi, Asisten Pemerintahan dan Kesehjateraan Rakyat Mustafa, Inspektur Hardito, Kepala Dinas Perhubungan Odang Prasetyo, Kepala Bappeda Amini Maros, dan beberapa pejabat terkait.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Wako Padang menyampaikan ekspos Kota Padang dengan menekankan kepada visi, misi dan program-program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang. Salah satu program yang menarik bagi rombongan adalah pembangunan Kepariwisataan, investasi dan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi di Kota Padang

Hendri memaparkan, merujuk data PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Padang dari sektor pariwisata, terlihat adanya peningkatan signifikan setiap tahunnya. Dimana, pada 2015, PAD sektor pariwisata hanya Rp 17,83 miliar. Namun dalam 1 periode menjadi Rp 105,47 miliar di tahun 2019 atau meningkat sebesar 591,28 persen.

Tentunya, kontribusi PAD dari sektor pariwisata tersebut juga mempengaruhi peningkatan realisasi PAD Kota Padang yang juga meningkat setiap tahunnya. Pada 2015, kontribusi PAD dari sektor pariwisata hanya 4,82 persen, dan 2019 mencapai angka 19,30 persen dari total PAD yang juga meningkat cukup tinggi.

“Pariwisata merupakan salah satu core business pembangunan Kota Padang yang sudah termaktub dalam RPJMD Kota Padang 2015 -2019 dan RPJMD 2019-2024. Untuk itu, Pemko Padang terus mewujudkan visi pembangunan melalui pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan dengan menjunjung tinggi nilai agama, budaya dan menghargai kearifan lokal,” ujar Hendri.

Persoalan investasi juga menjadi hal yang didiskusikan, karena Padang maupun Kubu Raya sedang gencar-gencarnya menarik investasi asing, karena kedua daerah tersebut sama-sama berada di tepi pantai. Terkait hal ini Hendri mengatakan, investasi yang paling diminati di Kota Padang saat ini adalah di sektor pariwisata, perhotelan dan kuliner.

Pemerintah Kota Padang memberikan kemudahan dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal. Kemudian mengenai pengelolaan informasi dan komunikasi, Kota Padang twelah melahirkan inovasi yang menjadi unggulan diantaranya aplikasi E- Perizinan Sapo Rancak dan Ayo Cetting (Cegah Stunting).

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut diakhiri dengan saling bertukar cendera mata berupa plakat simbol daerah masing-masing.

“Saya dan rombongan berterima kasih sekali atas sambutan dan pelayanan yang baik ini. Tidak ada yang dapat kami kembalikan selain doa semoga Allah SWT membalasi dan ditunggu kunjungan balasannya ke Kubu Raya”, tutup Bupati Muda Mahendrawan.

Hadir mendampingi Plt. Wali Kota Padang, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kepala Dinas Perhubungan Dian Fakhri, Kepala Dinas Kominfo Rudy Rinaldy, Kabag Umum Budi Kurniawan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis serta beberapa OPD terkait. Rel | Lim

Baca juga :

Facebook Comments

loading...