Berdiri Tahun 1984, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok Tamatkan Ribuan Lulusan

Berdiri Tahun 1984, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok Tamatkan Ribuan Lulusan
Kampus I RA Ikh;las DWP Kemenag Kota Solok di jalan Sudirman / Simpang Denpal
Solok, SuhaNews. Semenjak berdiri tahun 1984 silam, Raudhatul Anfal (RA) Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok, yang sebelumnya dikenal dengan nama TK Islam Solok telah menghasilkan 5.820 lulusan hingga tahun ajaran 2021 ini.

Alumni lembaga yang terkareditasi BAN PNF PAUD ini, seluruh tenaga pendidiknya tamatan Strata Satu (S1). Sehingga membuat reputasi dan kualitas RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok ini terus dikembangkan.

Sesuai dengan perkembangan zaman, sekolah yang berada di Simpang Denpal kota Solok ini memiliki Visi “Terciptanya generasi yang berakhlak karimah, siap memasuki era globalisasi”.

Untuk mencapai visi tersebut, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok memiliki misi, menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sejak dini. Selain itu juga membiasakan diri melakukan hal yang baik, menanamkan pendidikan karakter sejak dini, dan menyiapkan anak memasuki pendidikan dasar.

Kepala RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok, Rita Malinda,S. Pd. I dalam perbincangan dengan SuhaNews menyebutkan, untuk mewujudkan visi misi tersebut, tidak hanya didukung oleh tenaga pendidik yang lulusan strata satu, beberapa diantarany telah berprestasi tingkat Sumbar hingga tingkat nasional.

“Diantaranya Kamrita Dewi, S. Pd yang meraih juara I mendongeng tingkat Sumatera Barat 2015, Sedangkan ditingkaty nasional meraih harapan II ditahun yang sama. Kemudian Zuhelmi, S.Pd meraih  juara I pembuatan Alat Peraga Edukatif tingkat Sumbar 2018,” jelas Rita.

Rita menjelaskan, sebagai lembaga pendidikan kanak-kanak pertama bercirikan Islam di kota Solok, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok menguatkan posisinya ditengah tumbuhnya lembaga pendidikan serupa dengan menguatkan karakteristik lembaga dengan kurikulum yang mengusung nilai-nilai sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik.

“Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain: kepemimpinan, kejujuran, kreativitas dll. Sedangkan penerapannya dilakukan melalui pembiasaan rutin selama anak berada di lingkungan lembaga sekolah,” ulas Rita.

BACA JUGA  Polres Bukittinggi Gelar Patroli Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

Disebutkan oleh Rita, sebagai lembaga pendidikan Swasta yang dibina langsung oleh Dharmawanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok, RA Ikhlas terus menyempurnakan diri untuk memberikan yang terbaik bagi para muridnya.

“Salah satunya dengan mendirikan kampus baru, setelah kampus pertama yang berada di jalan Sudirman Kota Solok (Simpang Denpal) sudah sempit dan sudah untuk dikembangkan sebagai sarana pendidikan,” terang Rita.

Kampus baru tersebut berada di Perumahan Palm Griya Kelurahan Nan Balimo, Kec. Tanjung Harapan Kota Solok. Namun demikian kampus yang dijalan Sudirman tetap dipakai.

“Alhamdulillah untuk mengurangi kepadatan di kampus Simpang Denpal, dua ruang belajar di kampus dua siap menampaung dan menjadi ruang berkreasi bagi para murid,” ulas Rita.

Bangunan kampus Nan Balimo ini, memilki tiga ruang lokal untuk belajar. Selain itu halaman juga dimanfaatkan untuk belajat out door. Sehingga murid tidak jenuh selalu berada dalam ruangan.

Kedua kampus RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok didukung oleh fasilitas pembalajaran kekinian, mulai dari audio visual hingga beragam alat peraga yang mengajak murid untuk berkreasi dan mengembangkan imajinasinya lewat susunan beragam benda yang dimiliki sekolah.

Untuk mendukung terwujudnya visi misi, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok menyiapkan program pendamping kurikulum diantaranya, Pengenalan Al-Qur’an dengan metode Iqra’, Pengenalan alam sekitar melalui kegiatan outbond, Pengembangan bakat dan minat anak seperti: menyanyi, menari, menggambar Tahfiz Al-Qur’an, senam.

Selain program diatas, masih ditunjang oleh Kegiatan parenting, Kegiatan pentas seni, Kegiatan drumband, Kegiatan/latihan sholat berjamaah di masjid terdekat, Pengenalan bahasa Arab, dan Pengenalan bahasa Inggris.

Tak hanya itu, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok juga mengajak para muridnya melakukan kunjungan edukatif ke berbagai instansi. Tujuannya untuk mengenalkan kepada mereka fungsi dan tugas dari berbagai instansi yang ada di negara kita, salah satunya Polisi.

BACA JUGA  Ka. Kwarcab kota Solok Bersama Pramuka Peduli Bagikan Paket Sembako

RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok mengajak muridnya berkunjung ke kantor Polisi untuk dikenalkan dan mengenal lebih dekat tugas-tugas Polisi sebagai pelayan masyarakat. Serta beberapa instansi penting lainnya.

Selain ke instansi, RA Ikhlas DWP Kemenag Kota Solok juga mengajak para murid melakukan kunjungan ke tempat wisata. Selain berwisata, juga untuk mengajak dan mengenalkan siswa pada indahnya ciptaan Tuhan sembari mengajak mereka mereka mencitai lingkungan sejak dini. Oca | Fendi

Facebook Comments

loading...