Berikan Kuliah Umum, Andrinof  A. Chaniago Motivasi Mahasiswa STAI Solok Nan Indah

Solok, SuhaNews – STAI Solok Nan Indah kibarkan kiprahnya secara Nasional, dengan menghadirkan mantan  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Kerja sekaligus dosen ilmu politik FISIP Universitas Indonesia (UI) Andrinof  A. Chaniago untuk memberikan kuliah umum, Jumat (23/12) di Kampus jln. Sekh Kukut, Kota Solok.

“Kita menghadirkan tokoh Nasional ini untuk memberikan kuliah umum di STAI Solok Nan Indah,” ujar Ketua STAI Solok Nan Indah, Drs. H. Kardinal N., M.M., Jumat (24/12) usai kuliah umum.

Baca juga: Wawako Solok Berikan Kuliah Umum di Kampus STAI Solok Nan Indah

Dalam  kuliah umum di hadapan mahasuswa STAI Solok Nan Indah ini, jelas Kardinal, Andrinof  A. Chaniago  membahas topik Membentuk Insan Islami: pada Diri Sendiri, Keluarga dan Masyarakat.

“Manusia berkualitas menurut Islam disampaikan dengan jelas dalam Al-Quran dan hadis,” jelas Andrinof  A. Chaniago.

Lantas Andrinof  A. Chaniago  mengutip beberapa ayat Al-Quran seperti “…yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah adalah yang paling taqwa…” (QS Al-Hujurat: 13.

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui hal yang ghaib dan yang nyata…” (QS 9/At Taubah: 105).

Barang siapa mengerjakan amal salih, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik”. (QS An Nahl: 97).

Andrinof  A. Chaniago melengkapinya denga sebuah hadis, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain (HR Tabrani RA).

Selain menjelaskan manusia yang berkualitas menurut Islam, Andrinof  A. Chaniago juga menguraikan manusia berkualitas menurut Ahli Perkembangan Sumberdaya Manusia, serta tantangan penduduk usia produktif di Indonesia saat ini dan ke depan.

BACA JUGA  Wako Fadly Amran Beri Kuliah Umum di UMMY Solok

Baca juga: Kuliah Umum di UIN Mahmud Yunus, Wamendag Ajak Mahasiswa Melek Ekonomi Digital

Saat ini, jelas Andrinof  A. Chaniago ada dua tantangan angkatan kerja baru, yakni era digital dan Bonus demografi. Keduanya merupakan pedang bermata dua.

”Era digital dan bonus demografi menjadi peluang sekaligus tantangan,” ujar Andrinof  A. Chaniago  mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo.

Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia ini menjelaskan bahwa ke depan, kita harus tetap belajar dan amalkan, kemudian pelajari yang telah diamalkan, serta perbaiki amal berikutnya. Jika tiga prinsip ini bisa diterapkan, insyaallah, kita akan sukses mengarungi masa depan.

“Kuliah umum ini diharapkan bisa memotivasi mahasiswa untuk lebih giat dalam mengikuti kuliah di STAI Solok Nan Indah,” tambah Kardinal. (Wewe)

Baca juga: Wagub Sumbar Audy Berikan Kuliah Umum di Politeknik ATI Makassar

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -