Kuliah Umum di UIN Mahmud Yunus, Wamendag Ajak Mahasiswa Melek Ekonomi Digital

Kuliah Umum di UIN Mahmud Yunus, Wamendag Ajak Mahasiswa Melek Ekonomi Digital
Batusangkar, SuhaNews – Memberikan kuliah umum di Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) mengajak mahasiswa untuk melek ekonomi digital, salah satunya kripto.

Kuliah Umum oleh Wamendag Jerry Sambuaga ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Anggota DPRD Tanah Datar Beny Apero dan Dedy Irawan serta Rektor UIN Batusangkar Prof Dr Marjoni Imamora M.SC, bersama  Wakil Rektor I,II,III, Dekan, Direktur Pasca Sarjana, Kepala Lembaga dan Ketua Jurusan serta Puluhan Mahasiswa Fakultas  Ekonomi dan Bisnis Islam  yang dilaksanakan diaudotorium UIN Batusangkar

Wabup Richi Aprian menyampaikan Terima kasih dan penghargaan kepada Wakil Menteri Perdagangan RI karena bisa hadir memberikan pencerahan kepada mahasiswa UIN Batusangkar.

Disebutkan Wabup, bagi UIN Mahmud Yunus kehadiran wakil Menteri ke kampus ini sebuah penghormatan besar setelah berubah status dari IAIN Menjadi UIN batusangkar dan anugerah lain sebelum status IAIN berubah menjadi UIN Batusangkar juga tidak berapa lama setelah Rektornya di kukuhkan sebagai Guru Besar IAIN  Batusangkar.

Richi berpesan kepada mahasiswa untuk bisa mendengar kuliyah umum yang diberikan wakil Menteri Perdagangan RI, yang tentunya dengan materi yang diberikan itu juga sangat erat kaitan dengan perkembangan dunia digital saat ini dan perkembagan begitu pesat dan sebagai mahasiswa harus mampu menguatkan bidang keilmuannya sehingga bisa diaplikasikan nanti didalam dunia kerja.

Sementara itu Rektor UIN Batusangkar Prof Dr Marjoni Imamora M. SC mengucapkan selamat datang dan  terima kasih atas kunjungan Wakil Menteri Perdagangan ke UIN Mahmud Yunus.

“Bagi kami juga merupakan sebuah kehormatan besar ditengah kesibukan didalam melaksanakan tugas bisa memberikan pencerahan untuk mahasiswa kami khusus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam,” ujar Rektor.

BACA JUGA  Kenaikan Iuran BPJS, Komite III Nilai Pemerintah Bebani Masyarakat

Marjoni juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian dan dua anggota DPRD Tanahdatar Beny Apero dan Dedi Irawan yang telah ikut memfasilitasi kehadiran wakil Menteri Perdagangan RI dan mudahan apa yang bapak berikan itu bernilai ibadah bagi bapak termasuk bagi mahasiswa sendiri yang juga harus bergerak cepat mengenal Investasi Kripto di Indonesia dan juga bisa ikut berperan dan bergerak didalam investasi tersebut.

Wakil Menteri Perdagangan RI Jepri Sambuaga dalam kuliah umumnya berharap dunia pendidikan terutama universitas juga punya ruang khusus untuk mengembangkan literasi perdagangan aset digital termasuk kripto.

Perdagangan kripto tengah menjadi trending beberapa bulan ini berkaitan dengan manfaat dan potensinya yang sangat besar. Nilainya terus melonjak. Di Indonesia per hari perdagangan sudah mencapai lebih dari Rp 1,5 triliun. Tidak heran jika banyak masyarakat berbondong-bondong mencoba mendapatkan keuntungan dari kripto.

Bappebti tengah menyusun berbagai instrumen perlindungan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan kripto. Diharapkan dengan instrumen tersebut perdagangan kripto bisa lebih jelas secara hukum.

Selain menyusun berbagai instrumen Kementerian perdagangan melalui Bappebti juga terus menggiatkan pendidikan soal kripto. Menurut Jerry pendidikan ini akan terus dilakukan dan diperluas sehingga kripto bisa dioptimalkan manfaatnya dan.  masing-masing instrumen dan perdagangan komoditas punya karakter masing-masing.

Selain itu, cakupan kripto juga lebih luas karena worldwide dan realtime. Faktor harga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal yang sifatnya bisa berjangka panjang maupun pendek. Karena itu investor dan trader dituntut untuk selalu uptodate dan sigap dengan psikologi pasar.

Wamendag menilai, edukasi bisa dilakukan oleh lembaga atau badan yang berkaitan dengan kripto maupun dengan inisiatif investor dan trader sendiri. Untuk yang terakhir, menurut Wamendag, harus harus dilakukan oleh semua investor aset kripto.

BACA JUGA  Pertemuan di Malalo MGBK SMP Tanah Datar Bahas Kurikulum Merdeka sambil Wisata

“Jadi dalam perdagangan kripto investor dan trader diharapkan punya inisiatif yang tinggi untuk belajar dan mengupdate diri dengan berbagai info yang berkembang dengan cepat,” jelas Wamendag.

Sedangkan pendidikan mengenai perdagangan kripto oleh lembaga seperti Bappebti maupun perusahaan pedagang kripto, menurut Jerry, diarahkan untuk memperkuat literasi kripto itu sendiri. Dan Literasi yang dimaksud bukan hanya mengerti mengenai bagaimana cara kerja kripto dan blockchain tetapi juga aspek manfaat dan risikonya. Ini dilakukan agar masyarakat yang ingin terjun di dunia kripto menjadi paham dan rasional dan bukan emosional.dan bukan saat lagi  perdagangan berbasis emosi semata. Ada ilmu baik secara ekonomis, teknis maupun psikologis. Itu yang harus dikuasai oleh investor dan trader ujar Wakil Menteri lagi Andra | *

Berita Terkait :

mahmud mahmud mahmud mahmud mahmud 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKehilangan Sandal di Masjidil Haram adalah Masalah Bagi Jamaah
Artikulli tjetër8 Pengemudi Angkot Dibawah Umur Ditindak Polda Sumbar