Berikan Pendidikan Gratis hingga SLTA: Kota Solok Belajar ke Kota Pariaman

ber
Pemko Pariaman dan Pemko Solok bertukar cinderamata
Pariaman, SuhaNews – Keberhasilan Kota Pariaman membangun pendidikan menarik perhatian Kota Solok. Karena itulah Pemko Solok bersama DPRD melakukan studi bandirng ke Kota Sala Lauak ini.

“Kami menggratiskan biaya pendiidkan untuk SMA/SMK serta memiliki program satu rumah satu sarjana,” ujar Walikota Pariaman Genius Umar di ruang rapat Walikota hari ini Senin (18/1/2021).

Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Asisten I Sektetariat Daerah Kota Pariaman, Kepala Disdikpora Kota Pariaman beserta jajaran, Kepala BPKPD Kota Pariaman, Kepala Diskominfo Kota Pariaman menerima rombingan Kota Solok yang terdiri atas Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Solok, Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bappeda Kota Solok.

“Pelajar Kota Pariaman hingga SMA/SMK, gratis biaya pendidikan, di samping itu Pemko Pariaman juga meberikan bantuan satu rumah satu sarjana bagi warga Kota Pariaman yang miskin,“ujar Walikota Pariaman Genius Umar.

Kota Pariaman, jelas Genius Umar, menggratiskan biaya pendidikan sampai tingkat SMA/SMK. Sudah ada penandatanganan MoU bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sehingga belajar di SMA/SMK yang ada Kota Pariaman bisa digratiskan biaya pendidikannya.

“MoU yang kita lakukan semacam menyatakan bahwa Pemko Pariaman akan mengeluarkan bantuan keuangan khusus ke Pemprov Sumbar dan pihak Pemprov membayarkan langsung ke SMA/SMK tersebut, sehingga tidak ada pungutan kepada pelajar atau orang tua mereka,” tambah Genius Umar.

Sementara program  satu keluarga satu sarjana juga dilakukan MoU dengan beberapa politeknik sehingga warga miskin di kota Pariaman bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun mereka tetap mengikuti seleksi masuk, sama dengan yang lainnya.

Sementara itu, Asisten I Pemko Solok Nova Elfino mengatakan bahwa tujuan melaksanakan kunjungan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Pemko Pariaman bisa berhasil dan sukses dalam program pendidikan gratis.

BACA JUGA  Wali Kota Solok Terima Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional

“Kita ingin bertukar informasi tentang program pendidikan gratis di Kota Pariaman Karena saat ini masyarakat Kota Solok juga membutuhkan pendidikan gratis,” jelas Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng.

“Kota Solok akan meniru Kota Pariaman dalam program pendidikan gratis. Pemko Pariaman saat ini berada di urutan ke-2 di Indonesia dalam menggratiskan biaya pendidikan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya,“ tambah Efriyon Coneng. (*/Wewe)

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...