BHR Kota Bukitinggi Ukur Arah Kiblat Musala SMKN 1

kota
Bukittinggi,SuhaNews. Panitia Pembangunan Musala Ahmad Karim SMK N 1 Bukittinggi yang terletak di Jl. Iskandar Teja Kusuma Padang Gamuak Bukittinggi melalui Kepala SMK N Muhammad Dinin Rabu 19 Agustus 2020 lalu, melayangkan surat ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi yang tertuju kepada Seksi Bimas Islam khususnya tim Badan Hisab Rukyat (BHR) terkait dengan pengukuran arah kiblat rencana pembangunan Musholla.
Menyikapi hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Kasi Bimas Islam menugaskan Tim Badan Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk melakukan pengukuran Arah Kiblat rencana pembangunan Musholla Ahmad Karim SMK N 1 Bukittinggi Selasa, 25 Agustus 2020.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Zulfakhri menyampaikan bahwa memang terkadang masyarakat mengalami kebingungan dalam mengukur arah kiblat saat akan mendirikan masjid atau mushola, ini lantaran tidak semua umat Muslim memiliki pengetahuan mengenai pengukuran arah kiblat.

“Hal inilah yang menjadi rutinitas Seksi Bimas Islam dalam melaksanakan tugas apabila ada masyarakat/Kantor/Perusahaan dan bahkan pribadi yang ingin mendirikan masjid atau meminta pengukuran ulang titik koordinat kiblat,” ujarnya.

Selanjutnya H. Zulfakhrii mengatakan Panitia pembangunan musholla Ahmad Karim SMK N 1 Bukittinggi mengirimkan surat kepada Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi perihal mohon penetapan arah kiblat dalam rangka peningkatan Iman dan Taqwa di lingkungan SMK N 1 Bukittinggi.

“Dalam rangka menindak lanjuti permintaan tersebut, kita menugaskan Tim Badan hisab dan Rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Zamratul Ikhwan, Amar Albar Antoni, H. Deden Muhammad Syukri dan h. Syamsul Bahri untuk memenuhi surat permohonan yang dikirimkan oleh panitia pembangunan Musholla Ahmad Karim SMK N1 Bukittinggi,” ungkapnya.

kota

H. Deden Muhammad Syukri sebagai salah satu tenaga teknis pada bidang ini membeberkan bahwa dalam prakteknya, proses pengukuran arah kiblat dilakukan pada siang hari dan disaksikan bersama panitia pembangunan mushalla. Dengan adanya pengukuran arah kiblat ini dapat menjadi acuan arah kiblat bagi jama’ah Mushalla untuk melaksanakan ibadah sholat dengan baik, sehingga tidak ada lagi keragu-raguan dalam menjalankan ibadah,” tandasnya.

Setelah dilakukan pengukuran, Tim Hisab Rukyat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi memberikan Piagam Pengukuran Arah Kiblat yan juga berisikan data hasil pengukuran kepada ketua panitia pembangunan mushalla Ahmad Karim SMK N 1 Bukittinggi.

reporter : Yal editor : Moentjak

Facebook Comments

loading...