Bripka Dicky Anggota Polsek Kubung Peraih 3 Kali Bhabinkamtibmas Terbaik

Bripka Dicky Anggota Polsek Kubung Peraih 3 Kali Bhabinkamtibmas Terbaik
Solok, SuhaNews. Tak banyak yang bisa meraih prestasi seperti Bripka Dicky Saputra, anggota Polsek Kubung yang meraih prestasi sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik dilingkup Polres Solok tahun 2020.

Mulai bertugas sebagai anggota Polri sejak Tahun 2003, Bripka Dicky juga mengalami beberapa kali mutasi tugas diantaranya di Anggota Polsek Danau Kembar, Anggota UR telematika Polres Solok, Anggota Satreskrim Polres Solok.

Bripka Dicky Anggota Polsek Kubung Peraih 3 Kali Bhabinkamtibmas Terbaik

Sedangkan di Polsek Kubung sendiri mulai bertugas semenjak 2012. Sebelum ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas, Bripka Dicky juga pernah mengemban tugas sebagai Kanit Reskrim Polsek Pantai Cermin pada tahun 2016.

Prestasi sebagai Bhabinkamtibmas terbaik pertama kali diraih tahun 2018 saat bertugas di nagari Panyakalan. Salah satu kunci keberhasilan adalah komunikasi dan koordinasi.

“Koordinasi dan komunikasi menjadi strategi dalam menjalankan tugas,” ujar Bripka Dicky dalam perbincangannya dengan SuhaNews.

Dicky menjabarkan, komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dengan tokoh dan masyarakat dinagari tempat tugas. Sebagai aparat kita wajib menamung aspirasi mereka, keluhan mereka untuk di akomodir. Dan sebagai abdi negara kita juga wajib menyampaikan hukum dan aturan yang ditaati masyarakat. Menjadikan diri sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat merupakan salah satu bentuk kedekatan dengan masyarakat.

“cara penyampaian inilah salah satu kunci sukses Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat, yakni pendekatan kultur dan kekeluargaan dengan komunikasi,” jelas Dicky

Ia menambahkan, selain itu dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas, lulusan SPN Sumbar tahun 2003 ini juga menyebut dalam menjalankan tugasnya selalu menjadikan masyarakat di nagari tersebut sebagai “dunsanak”.

“Dengan adanya ikatan emosional ini, kedua belah pihak sama-sama ada rasa memiliki, sehingga tugas sebagai Bhabinkamtibmas dapat berjalan baik'” papar Dicky.

Agus Evatra Dt. Bandaro Kayo, Wali Nagari Panyakalan yang dikonfirmasi SuhaNews atas prestasi Birpka Dicky untuk ketiga kalinya ini mengucapkan selamat sekaligus bangga. Karena Bripka Dicky pernah pertugas di nagari Panyakalan, dan menjadi awal prestasinya.

BACA JUGA  Tali Asih di Koto Hilalang, Kapolsek Kubung Santuni 5 Dhuafa

“Waktu Bripka Dicky bertugas di Panyakalan, saya diamanahkan menjadi Ketua KAN. Dalam beberapa kesempatan dan kegiatan kita bersama. Saya sudah merasakan bagaimana tugas yang dijalankan oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra aparat dan lembaga nagari,” ujar Wali Nagari kepada SuhaNews.

Agus menambahkan, yang membuat masyarakat salut dan bangga adalah kedekatannya dengan masyarakat. Mulai dari tokoh hingga masyarakat biasa menjadi teman bergaulnya. Selain itu dalam berbagai kesempatan, ia diundang selalu menyempatkan hadir, termasuk saat ada warga yang meninggal.

“Selamat Bripka Dicky, walau sekarang telah pindah tugas sebagai Bhabinkamtibmas nagari Koto Hilalang, kami ucapkan selamat dan sebagai dunsanak kami bangga atas prestasinya, semoga terus meningkatkan pencapaian dan mempertahankannya,” tutup Agus.

Bripka Dicky Saputra, pertama kali meraih prediket sebagai Bhabinkamtibmas di lingkup Polres Solok tahun 2018 saat bertugas sebagai Bhabinkamtibmas nagari Panyakalan. Tahun berikutnya kembali meraih prestasi yang sama. Namun tempat tugasnya berbeda yakni di nagari Koto Hilalang.

Yuliendra, ST, walinagari Koto Hilalang, kepada SuhaNews menyebutkan, dengan kehadiran Bhabinkamtibmas merasa sangat terbantu, selama Bripka Dicky menjadi Bhabinkamtibmas Nagari Koto Hilalang.

“Beliau membuat masyarakat sadar dan taat hukum dengan bentuk membuat Pos Ronda bersama-sama masyarakat dan membuat ruangan tempat berkumpul masyarakat secara mandiri, ikut serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembinaan pertanian dan perikanan,” ujar Yuliendra.

Bripka Dicky Anggota Polsek Kubung Peraih 3 Kali Bhabinkamtibmas Terbaik

Yuliendra juga menuturkan, dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas, Bripka Dicky tak segan terjun langsung ke tengah masyarakat, baik itu rumah, warung bahkan di area persawahan.

“Dimanapun bertemu masyarakat dan butuh beliau selaku Bhabinkamtibmas, Bripka Dicky dengan senang hati melayani,” pungkas Yuliendra.

Kali ketiga meraih Bhabinkamtibmas terbaik di lingkup Polres Solok anak dari pasangan Yulius Khatib Dt. Rajo Magek dan Ayunda Murti tahun 2020 yang penghargaanya diserahkan langsung oleh kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho SH SIk MSi di Mapolres Solok.

BACA JUGA  40 Ribu Personil Disiapkan Polri Antisipasi Penyebaran Covid-19

“Pencapaian ini dipersembahkan untuk keluarga, Francisca Zola selaku Bhayangkari bersama keempat buah hati yang selalu mendukung dan mendoakan, istimewa pada masyarakat Koto Hilalang khususnya dan kecamatan Kubung umumnya yang telah mendukung tugas Bhabinkamtibmas” tutup Bripka Dicky diakhir perbincangan. Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...