Bundo Kanduang Pasbar Sosialisasikan Kedudukan Perempuan Minangkabau

sosial
SuhaNews–Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Pasaman Barat Eti Muhayatsyah menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kedudukan dan Peran Perempuan Minangkabau menurut adat dan budaya di nagari-nagari yang ada di Pasaman Barat.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, pada Senin (30/8) tersebut membahas tentang peran Bundo Kanduang sebagai Limpapeh Rumah Nan Gadang, Amban Paruik Pagangan Kunci, Pusek Jalo Kumpulan Tali, Hiasan di Dalam Kampuang, dan Sumarak Dalam Nagari.

Ketua Bundo Kanduang Pasaman Barat Eti Muhayatsyah, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh nagari-nagari saat ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan Bundo Kanduang, dengan cara mengelar sosialisasi peran perempuan Minangkabau menurut adat dan budaya.

Menurut Eti Muhayatsyah, kegiatan tersebut sangat tepat dilaksanakan, karena saat ini pelestarian adat di kegiatan kebudayaan atau kegiatan adat yang sudah mulai berkurang. Sehingga peran ‘Tigo Tungku Sajarangan’ sangat diharapkan. Seperti pesta perkawinan yang mengizinkan pemasangan pelaminan di luar rumah. Namun, Adat Salingka Nagari juga di pahami oleh masing-masing masyarakat, sehingga tercipta kerukunan di dalam adat.

“Bukan saja peran Bundo Kanduang. Namun, Bundo Kanduang juga berperan membina generasi muda, karena Bundo Kanduang adalah guru pertama di dalam rumah tangga sebelum menuju kehidupan yang lainnya atau di mulai ketika di masa puti bungsu atau masih gadis,” tegasnya.

Ia juga berharap peran Bundo Kanduang di tengah masyarakat dan keluarga dapat berjalan maksimal, karena bagi perempuan tugas utamanya adalah menciptakan generasi muda mengenal budaya alam Minangkabau.

“Setelah di Ujung Gading kegiatan yang sama juga akan kita adakan di Nagari Kajai. Kita berharap kegiatan seperti ini terus dilanjutkan di setiap nagari,” harapnya.

BACA JUGA  LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok Pertemuan Gabungan

Dalam kegiatan sosialisasi itu hadir Bundo Kanduang nagari, organisasi wanita seperti Bhayangkari, Persit, Puti Bungsu dan lainnya. Rel

Baca juga:

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDuo Penghargaan Nasional Diterima Wako Hendri Septa Dari Mendag RI
Artikulli tjetërMenteri PAN-RB Tinjau Mall Pelayanan Publik Kota Pariaman