Bupati Agam Sambut Baik Pengenalan Budaya Lokal bagi Praja IPDN

bupati
Canduang, SuhaNews – Bupati Agam Andri Warman hadiri pengenalan budaya lokal pada Praja IPDN Kampus Sumatera Barat, Minggu (14/8).di Balai Adat Lasi. 

“Pengembangan agama dan adat istiadat jadi suatu keharusan untuk dikembangkan pada generasi muda,” ujar Bupati Agam, Dr H Andri Warman.

Baca juga: Lirik Budaya, IPDN Sumbar dan Bupati Agam Temu Ramah

Apalagi Kabupaten Agam salah satu daerah di Minangkabau, yang sangat kental dengan budaya dan adat istiadatnya. Untuk itu kita berupaya bagaimana generasi muda selain memperkuat agamanya, juga ditingkatkan kemampuan dan pemahaman adat istiadatnya,.

“Pengembangan agama dan adat istiadat ini, menjadi program unggulan Bupati Agam. Maka kita minta praja IPDN ini agar dapat menyesuaikan dirinya dengan budaya yang ada di Agam,” harap Andri Warman.

Praja IPDN ini, tambah Andri Warman, berasal dari seluruh nusantara, dengan menganut agama dan budaya yang berbeda-beda. Untuk itu kita sambut baik rencana IPDN yang melaksanakan pengenalan budaya bagi praja tersebut.

Sementara itu, Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Dr Tun Huseno menyebutkan, praja yang ikuti pengenalan budaya ini sebanyak 217 orang, berasal dari seluruh nusantara.

“Kita berharap ninik mamak agar bisa berikan pemahaman pada praja, terkait budaya yang ada di Agam, supaya mereka dapat membandingkan dengan budaya di daerahnya masing-masing,” harapnya.

Namun, ia minta praja tidak hanya mendengarkan apa yang disampaikan, tapi dicatat dan nilai apa sebetulnya yang disajikan dalam budaya itu.

“Contohnya petatah petitih, banyak nilai-nilai bermanfaat yang terdapat di dalamnya,” katanya.

Dengan begitu, ia berharap nanti ninik mamak dapat menyajikannya pada praja, yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia untuk mereka pahami bersama. (AMC/Wewe)

Baca juga: Bupati Eka Putra Bertemu Purna Praja IPDN dan STPDN

Facebook Comments

BACA JUGA  Pengenalan UTBK Masuk Perguruan Tinggi, MAN 2 Bersama Ruang Guru Mengelar TO
loading...
Artikulli paraprakMiliki Inovasi, Puskesmas Silungkang Dinilai Tim Provinsi Sumbar
Artikulli tjetërGubernur Sumbar Buka Bazar Merah Putih HTT 2022