Bupati Eka Putra Hadiri Pengukuhan 27 Penghulu dan Malin di Tanjung Bonai

SuhaNews – Kekompakan masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan sangat diperlukan, hal ini agar terwujud persatuan dan kesatuan serta tercapainya tujuan kekeluargaan.
Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM saat menghadiri Pengukuhan penghulu dan malin di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (10/12).

Bupati Eka Putra sampaikan kekompakan harus selalu dibangun dan dipelihara, karena kekompakan inilah yang akan menyelesaikan permasalahan di kampung.

“Kekompakan masyarakat, dunsanak, kamanakan dan unsur nagari serta suku suku yang ada di Tanjung Bonai, sehingga terlaksana acara batagak penghulu dalam rangkaian baralek gadang, ini patut di apresiasi,” kata Eka Putra.

Disampaikan Eka Putra, kekompakan inilah yang kita butuhkan untuk menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan di tengah tengah masyarakat, selain itu peranan niniak mamak juga sangat di butuhkan dalam memberikan warna kepada pemerintah nagari.

“Saya sebagai anak nagari Tanjung Bonai mengharapkan dukungan dari para niniak mamak dan seluruh masyarakat, terus jaga kami dalam menjalankan pemerintahan,” harapnya.

Dikesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada niniak mamak yang telah di kukuhkan, dan berharap mampu mengemban amanah dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara ketua panitia kegiatan Utama Johar, sampaikan pada acara alek penghulu tahun ini di kukuhkan sebanyak 27 penghulu dari 4 suku yaitu suku Payo Bada, suku Melayu Mandailing, suku Piliang dan suku Caniago dan 1 Malin dari suku Payo Bada di Nagari Tanjung Bonai.

Salah satu tujuan dilaksanakan pengukuhan ini merupakan tradisi adat yang sudah turun temurun untuk mengembalikan marwah adat sesuai dengan pepatah “kembalikan Siriah ka gagang, pinang ka tampuaknyo”. Disamping itu Dia juga berharap dengan adanya persatuan niniak mamak tentunya akan memajukan kampung.

BACA JUGA  Karantina Mandiri, Bertambah 12 Kasus Konfirmasi Sembuh di Kabupaten Solok

Diakhir penyampaiannya, Utama Johar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan alek ini. (*)

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -