Bupati Eka Putra Pimpin Rapat Persiapan Penilaian TP PKK Nagari Gurun Oleh Tim Provinsi

bupati
Tanah Datar, SuhaNews – Bupati Tanah Datar Eka Putra memimpin rapat evaluasi persiapan Nagari Gurun dalam Penilaian Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Senin (31/05) di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung. 

“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan bekerjasama dan mendukung program daerah, termasuk penilaian Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab sebagai nagari percontohan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,” harap Eka Putra.

Rapat evaluasi bersama OPD ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten, Camat se-Tanah Datar, Wakil Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian dan undangan lainnya.

Baca juga: Berantas Rentenir, TP-PKK Nagari Gurun Lakukan PKS dengan BPR Balerong Bunta

Bupati berharap Nagari Gurun bisa menjadi terbaik di Provinsi Sumatera Barat sebagai nagari percontohan 10 Program Pokok PKK  pada lomba gerak PKK Tahun 2021 ini.

Sebelumnya, TP PKK Tanah Datar pernah juara Nasional kategori UP2KPKK yaitu Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung.

“Kita harus bergerak bersama agar apa yang telah ditorehkan TP PKK sebelumnya dapat kita raih kembali dan kali ini Nagari Gurun yang kita usung,” tambah Bupati Eka Putra.

Terkait dengan pandemi covid-19,  Bupati Eka Putra minta di nagari-nagari ada Rumah Isolasi yang dapat menampung warga yang terpapar virus corona dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG). Warga lainnya secara bersama-sama membantu  kebutuhan makan dan minumnya.

Terkait keramaian pesta di gedung atau di rumah masyarakat, Bupati Eka minta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan diatur sedemikian rupa, sehingga penyebaran covid-19 itu dapat diantisipasi.

“Terima kasih atas dukungan OPD dan semua pihak yang telah membantu mempersiapkan Nagari Gurun menghadapi lomba gerak PKK tahun ini,” ujar Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra.

BACA JUGA  Pertemuan Bulanan, PKK Panyakalan Hadirkan YSKI

Walau masih banyak yang harus kita benahi, jelas Ny. Lise, semoga menjelang hari H nanti ini semua dapat kita finalkan dan Nagari Gurun bisa menjadi juara di Provinsi Sumatera Barat bahkan bisa menuju Nasional.

Plh. Sekda Tanah Datar Edi Susanto selaku moderator menyampaikan untuk kriteria penilaian dan keterlibatan OPD, ini harus betul-betul menjadi fokus dukungannya seperti salah satunya pada Pokja IV terkait kriteria Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) peran perangkat daerah terkait sangat menentukan terkait SOP menghadapi bencana termasuk bencana non alam seperti pandemic Covid-19.

“Keterlibatan masing-masing OPD di empat pokja harus jelas dan di masing-masing kriteria penilaian sehingga dapat melengkapi kekurangan bobot yang dinilai,” ujar Edi Susanto.

Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril menyampaikan bahwa penilaian tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya untuk lima kriteria penilaian di nagari yang berbeda, di tahun ini dipusatkan di satu nagari.

Lima bidang dan jenis yang dilombakan yakni Bidang Sekretariat meliputi Tertib Administrasi PKK dan Dasawisma, Pokja I Pola Asuh Anak Remaja di era Teknologi Informasi (PAAREDI), Pokja II Usaha Peningkatan dan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pokja III Amalkan, Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman PKK (Akuhatinya PKK) dan Pojka IV Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana). (Dajim)

Baca juga: Nagari Gurun, Tanah Datar Dijadikan sebagai Nagari Percontohan 10 Program Pokok PKK

 

Facebook Comments

loading...