Bupati Solok Hadiri Peringatan Nuzul Quran di Masjid Agung Darussalam

Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar didampingi Ketua TP-PKK Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda menghadiri Peringatan Nuzul Quran, Sabtu, 8 April 2023 di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si., Forkopimda, Pimpinan DPRD Kab. Solok  Ivoni Munir, Asisten I Drs. Syahrial, MM., Asisten II Deni Prihatni, ST, MT., Asisten III  Editiawarman, S.Sos, M.Si., Staf Ahli Bid. Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM  Mulyadi Marcos, SE, MM., Kepala OPD, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok  H. Zulkifli, S.Ag., Ketua BAZNAS Drs. Edwar, M.M., Camat. Dan Ustadz Dr. Adrinofian.

Baca juga: Sambut Nuzul Quran, Kabupaten Solok Gelar Tabligh Akbar

“Al Quran adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi pegangan dan dasar bagi kehidupan,” ujar Adrinofian.

Dalam sejarah tercatat bahwa Al Quran tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah SAW. Ayat-ayat Al Quran diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

“Salah satu peristiwa yang terkait dengan sejarah turunnya Al Quran ke bumi adalah Nuzulul Quran,” tambah Adrinofian.

Secara bahasa, Nuzulul Quran berasal dari dua kata, yakni Nuzul (menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah) dan Al Quran (kitab suci umat Islam). Sehingga, Nuzulul Quran dapat diartikan peristiwa turunnya Al Quran dari tempat yang tinggi ke muka bumi.

Makna secara lengkap, jelas Adrinofian, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam.

Bupati Solok Epyardi Asda berharap ceramah tentang Nuzul Quran ini bisa menjadi pedoman dan pelajaran bagi kita semua.

BACA JUGA  Bupati Solok: Kita Cari Solusi Terbaik bagi Karyawan Aqua yang di-PHK

“Manusia tidak ada yang sempurna, sehingga kita terus belajar ke arah yang lebih baik,” ujar Epyardi Asda.

Pemkab Solok bersama BAZNAS, jelas Epyardi Asda, berusaha meningkatkan pendidikan agama masyarakat melalui pemberian bantuan kepada putra-putri terbaik untuk belajar di luar negeri maupun di dalam negeri

“Ada 8 orang putra putri terbaik akan di beri beasiswa BAZNAS, untuk menambah semangat mereka, terutama bagi mereka yang diterima di UI, ITB, UGM,” ujar Epyardi Asda.

Mereka yang telah menyelesaikan pendidikannya, harap Epyardi Asda, kembali ke Kabupaten Solok untuk mengabdi, membagi dan menerapkan ilmunya untuk kemajuan Kabupaten Solok.

Dalam  kesempatan itu Bupati memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mengikuti pendidikan di luar negeri sebesar Rp. 12juta/tahun. (Wewe)

Baca juga: Peringati Nuzul Quran 1442H, Kemenag Kab. Solok Gelar Lomba Imlaq Juz Amma

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -