Bupati Solok Lakukan Launching Pekan Imunisasi Dunia

solok
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok diwakili Sekda Medison, S.Sos, M.Si lakukan launching Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Solok, Selasa, 19 April 2022 di SDN 17 Nagari Salimpek, Kecamatan Lembah Gumanti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. H. Emiko Epyardi Asda, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhendri, SKM, M.Kes., Kepala OPD, Camat Lembah Gumanti Zulbakti, Camat se-Kabupaten Solok, Forkopimcam, Ketua TP-PKK Kec. Lembah Gumanti, Walinagari Salimpek Zulfikar, Walinagari Se-Kecamatan Lembah Gumanti, Kepala Puskesmas se-Kecamatan Lembah Gumanti, Kepala SD dan SMP, Ketua TP-PKK Nagari Salimpek, TP-PKK Kabupaten Solok.

Baca juga: Gubernur Sumbar: Ketersediaan Pangan Dapat Jaga Imunitas Hadapi Wabah Covid 19

Ketua Pelaksana yang juga Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri, SKM, M.Kes., mengatakan bahwa karena Pandemi Covid-19 menyebabkan pencapaian Imunisasi anak menurun, dan pada tahun ini baru mencapai 72.5% dari target imunisasi.

“Pada 15 April 2022 telah dilaksanakan pemetaan sasaran Imunisasi dan pada 16 April didapatkan satu posyandu yang dijadikan tempat launching kegiatan PID tingkat kecamatan,” jelas Zulhendri.

Pada 18 April, jelas Zulhendri, puskesmas telah melakukan sosialisasi advokasi di lintas sektoral dan persiapan pencanangan dan sekarang dilaksanakan launching kegiatan PID tingkat Kabupaten Solok.

“Kita akan melakukan imunisasi kepada kurang lebih 94 anak pada hari ini, sementara kegiatan posyandu akan berlanjut selama  empat hari ke depan.

Ketua TP-PKK Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan imunisasi merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan perlindungan penyakit bagi anak-anak.

“Pada tahun ini di Indonesia, imunisasi mengalami penurunan karena dampak dari pandemi Covid-19,” jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

BACA JUGA  Gerak Cepat, Dinas PUPR Kab. Solok Datangi Lokasi Banjir dan Longsor

Edukasi tenaga kesehatan kepada orang tua mengenai manfaat dari imunisasi, tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda merupakan hal yang sangat penting.

“Mari jadikan Pekan Imunisasi Dunia ini sebagai momentum meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya imunisasi di masa pandemi Covid-19 ini,” jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Sementara Sekda Medison, menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat yang telah dapat hadir dan menyukseskan kegiatan PID ini.

“Tntangan kesehatan bagi generasi muda ke depannya sungguh berat, oleh karena itu penting dibekali dengan imunisasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi anak-anak kita,” ujar Medison.

Pemerintah Kabupaten Solok, jelas Sekda, mendukung secara penuh kegiatan imunisasi ini karena berperan penting bagi kesehatan generasi muda di masa yang akan datang.

Sekda Medisonmembuka Kegiatan Pekan Imunisasi Dunia dan Bulan Imunisasi Anak Nasional tingkat Kabupaten Solok dengan pemukulan gong. (Wewe)

Baca juga: GOW Dan DWP Pessel Lakukan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPHBI Padang Panjang Akan Gelar Salat Iedul Fitri 1443 H di GOR Chatib Sulaiman Bancah Laweh
Artikulli tjetërRindu Orang Tua, Santri Ponpes Insan Cendekia Harau Khatam Dua Kali Dalam 14 Hari